Text
Analisis Implementasi Sistem Ujian Online Berbasis Mobile Android Pada Kelas VII Dan VIII Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Mambaul Ulum Gapura Sumenep
Kata Kunci: Implementasi, Ujian, Online
Ujian adalah merupakan betuk evaluasi dalam kegiatan belajar mengajar,
ujian dilakukan untuk memberikan nilai kepada siswa dari kegiatan pembelajaran
yang telah dilakukan. Seiring dengan berkembangnya teknologi ujian juga pengalami
perubahan, yang pada awalnya ujian dengan berbasis kertas mengalami perubahan
kepada ujian online. Ujian online adalah penerapan ujian dengan memanfaatkan
jaringan data internet. Dengan pengerjaan yang lebih ringkas dan juga lebih cepat.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana penerapan
ujian online di MTs Mambaul Ulum Gapura Sumenep ?, kedua apa saja faktor
pendukung dan penghambat ujian online di MTs Mambaul Ulum Gapura Sumenep ?
Penelitian ini penggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data diperolah dari wawancara, pengamatan, dan dokumentasi, irformasinya
adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadist, operator sekolah, serta siswa ujian
online, sedangkan pengecekan keabsahan datnya dilakukan dengan perpanjangan
keikut sertaan, ketekunan, trianggulasi.
Hasil dari peneitian ini adalah ujian online merupakan inovasi baru dalam
dunia pendidikan. Ujian digunakan sebagai evaluasi dalam proses pembelajara. Di
MTs Mambaul Ulum Gapura Sumenep, penerapan ujian dilakukan dengan
menggunakan mobile android dan dilakukan dengan cara online menggunakan
aplikasi Google form, pada penerapannya operator ujian akan mengirimkan link
berupa soal ujian kepada siswa melalui Grup Whatsapp, setelah dikirimkan para
siswa akan menjawab soal dari link tersebut melalui Google Form setelah selesai
menjawab soal siswa dapat mengetauhui nilai merake saat itu juga.
Dalam penerapan ujian online terdapat faktor pendukung dan penghambat,
faktor pendukungnya yaitu kondisi lembaga yang memadahi untuk melaksanakan
ujian online, kesiapan guru, serta kesiapan siswa. Sedeangkan faktor penghambatnya
yaitu lemahnya sinyal internet yang mengakibatkan siswa kesulitan untuk menjawab
vi
soal ujian, dan juga tidak semua guru bisa dijadikan operator ujian karena tidak
semua guru menguasai teknologi seperti komputer
Tidak tersedia versi lain