Text
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menulis Autobiografi untuk Mengurangi Kecemasan Sosial pada Siswa Kelas VII B di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok. Menulis Autobiografi, Kecemasan Sosial
Sekolah merupakan suatu lembaga yang digunakan untuk institusi formal
yang berfungsi sebagai pusat aktivitas belajar bagi para siswa. Salah satu hambatan
siswa untuk dapat terlibat dalam interaksi sosial adalah kecemasan. Fenomena
kecemasan sosial yang dialami remaja di awal perkembangannya dapat berdampak
buruk pada kepercayaan diri yang ada pada diri remaja tersebut terutama bagi siswa
kelas VII. Hal tersebut dikarenakan siswa SMP mulai memasuki masa remaja
dengan segala bentuk perubahan dan permasalahan terutama dalam bidang sosial,
dan membutuhkan lingkungan dan sarana yang tepat guna membimbing dan
mengarahkan kemampuan serta kompetensi yang di miliki oleh siswa. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanganan
dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan menulis autobiografi
untuk mengurangi kecemasan sosial siswa.
Berdasarkan dari hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang
akan menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan
layanan bimbingan kelompok dengan menulis autobiografi untuk mengurangi
kecemasan sosial pada siswa SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kadur Pamekasan?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan bimbingan dan konseling.
Penelitian ini dilaksanakan secara langsung oleh peneliti dengan memberikan
layanan bimbingan kelompok dengan menulis autobiografi kepada siswa yang
bertujuan untuk mengurangi kecemasan sosial pada siswa. Sumber data yang
diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini adalah guru BK dan wali kelas VII B.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kecemasan sosial pada
siswa di kelas VII b SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kadur Pamekasan masih
terbilang rendah. Hal tersebut dipaparkan oleh guru BK dan wali kelas VII B saat
melakukan wawancara,Kedua, penerapan layanan bimbingan kelompok dengan
menulis autobiografi efektif untuk mengurangi kecemasan sosial. Hal ini
dibuktikan dengan hasil angket dari pra siklus dengan nilai rata-rata 83.40% yang
menurun pada siklus I dengan rata-rata 78.69% dan juga semakin menurun pada
siklus II dengan rata-rata 58.90%
Tidak tersedia versi lain