Text
Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa di SMA Islam Nurul Jadid Panglegur Pamekasan
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Kemampuan
Public Speaking Siswa.
Public speaking merupakan kemampuan berbicara di depan umum dengan memberikan informasi,
berguna, lucu, menyegarkan pikiran dan mendatangkan pengetahuan baru bagi pendengar dan
pembicara. Akan tetapi pada kenyataannya, tidak semua orang pandai dalam melakukan public speaking
terutama siswa. Setiap siswa memiliki tingkat kemampuan public speaking yang berbeda, dimana
beberapa dari mereka memiliki tingkat kemampuan public speaking yang rendah. Dalam hal ini peneliti
menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dalam meningkatkan kemampuan
public speaking siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka pokok permasalahan yang menjadi rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realita
dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa di SMA Islam Nurul Jadid Panglegur
Pamekasan?. Kedua, apakah ada perubahan yang signifikan pada skor kemampuan public speaking
siswa SMA Islam Nurul Jadid Panglegur Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan analisis data uji Wilcoxon
non parametric dengan rancangan pre-experimental design. Desain yang digunakan yaitu one group
pretest posttest, dimana pengaruh treatment dihitung dengan membandingkan hasil post-test dengan
hasil pre-test. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala kemampuan public speaking dan
wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil pre-test skala kemampuan public
speaking adalah 53,6250. Sedangkan rata-rata hasil post-test setelah diberikan perlakuan atau treatmen
melalui layanan konseling kelompok pendekatan realita dalam meningkatkan kemampuan public
speaking siswa adalah 68,1250. Sehingga kesimpulannya terdapat perbedaan hasil skor siswa yang
signifikan antara sebelum diberikan treatment (pre-test) dengan setelah diberikan treatment (post test)..
Pada hasil out put untuk pengambilan hipotesis menunjukkan bahwa hasil signifikansi p-value sebesar
0,011 (
Tidak tersedia versi lain