Text
Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Ipa 6 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Match
Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Akidah Akhlak menjadi
latar belakang adanya penelitian ini. Penyampaian materi oleh guru masih belum
bervariasi dan belum disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hal ini menjadi
penyebab hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak tergolong rendah.
Model pembelajaran make a match diterapakn bertujuan memberikan perbaikn
hasil belajar pada siswa.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan di Man 2 Pamekasan dengan subjek penelitian siswa
kelas X Ipa 6 yang berjumlah 35 siswa. Terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17
siswa perempuan. Namun dikarenakan adanya kebijakan sekolah tentang
pembatasan pembelajaran didalam kelas maka disini peneliti hanya diperbolehkan
mengambil sampel dari siswa yang memiliki absen ganjil yang berjumlah 18
siswa yang terdiri 9 siswa dan 9 laki-laki. Penulis menggunakan model penelitian
tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis & MC. Taggart. Teknik
pengumpulan data yang digunakan tes kinerja, lembar observasi guru dan siswa.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenik analisis
data kuantitatif dan kualitatif untuk menentukan tingkat keberhasilan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran make a match mampu
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ipa 6 Madrasah Aliyah Negeri 2
Pamekasan, hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian yang selalu mengalami
peningkatan dimulai pada tahap pra siklus hingga siklus II. Pada tahap pra siklus
diperoleh data siswa 5 siswa tuntas dari 18 siswa, dengan persentase 27,78 dan
nilai rata-rata kelas yaitu 60,00. Pada siklus I diperoleh data sebanyak 10 siswa
tuntas dari 18 siswa dengan persentase 55,55 dengan nilai rata-rata kelas 72,22.
Sedangkan pada siklus II terjadi beberapa peningkatan yang dilakukan sesuai
denganhasil refleksi pada siklus I yang hasilnya diperoleh data 16 siswa tuntas
(melampaui KKM) dari 18 siswa dengan persentase 88,88 dengan rata-rata nilai
80,38. Hasil diatas menunjukkan bahwa penggunakan model pembelajaran make
a match pada pembelajaran akidah akhlak dapat meningkatkan hasil belajar
siswa
Tidak tersedia versi lain