Text
Pemanfaatan Sumber Belajar Sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan
Kata Kunci: sumber belajar, keberhasilan kurikulum, kendala dan alternatif
Sumber belajar merupakan bagian penting dalam keberhasilan pelaksanaan
kurikulum pada suatu lembaga pendidikan. Melalui sumber belajar peserta didik
dapat mengikuti kegiatan pembelajaran lebih optimal. Hal ini dikarenakan dengan
adanya sumber belajar peserta didik menjadi semakin tertarik dan bersemangat
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan ini maka akan sangat penting
sekali dalam suatu lembaga pendidikan untuk dapat memanfaatakan seluruh sumber
belajar yang ada dengan sebaik dan seoptimal mungkin.
Dalam penelitian ini terdapat tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian penelitian yaitu: Pertama, yaitu terkait dengan bagaimana pemanfaatan
sumber belajar sebagai penunjang pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 4
Pamekasan. Kedua, yaitu terkait dengan bagaimana gambaran keberhasilan
kurikulum melalui pemanfaatan sumber belajar di SMA Negeri 4 Pamekasan.
Ketiga, yaitu terkait dengan apa saja kendala dan alternatifnya dalam pemanfaatan
sumber belajar sebagai penunjang pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 4
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif, yang pada penelitian ini sumber data yang diperoleh oleh
peneliti melalui kegiatan wawancara (semi terstruktur), observasi (non partisipan),
dan dokumentasi. Ada beberapa pihak yang menjadi narasumber dalam kegiatan
penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru SMA Negeri 4 Pamekasan, dan Peserta
Didik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Di SMA Negeri 4
Pamekasan ini dalam pemanfaatan sumber belajarnya tergolong dalam enam jenis
yaitu pesan (RPP, cerita rakyat, dongeng, dan fakta), manusia (guru), bahan (buku,
slide materi, dan video pembelajaran), peralatan (LCD proyektor, speaker, alat
praktik, HP untuk mengakses WAG, zoom meeting, edmodo, dan google
classroom), teknik atau metode (ceramah, presentasi, diskusi kelompok, praktik),
dan lingkungan (taman, gedung kelas, laboratorium, dan suasana belajar). Kedua,
Gambaran keberhasilan kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan yaitu dilihat
melalui pencapaian hasil belajar siswa baik itu dibidang akademik maupun non
akademik, baik pencapaian tersebut di dalam kelas maupun melalui prestasi dalam
mengikuti lomba pada berbagai tingakatan. Juga dilihat dari jumlah peserta didik
SMA Negeri 4 Pamekasan yang diterima diberbagai perguruan tinggi favorit.
Ketiga, kendala dan alternatif dalam pemanfaatan sumber belajar di SMA Negeri 4
Pamekasan ini yaitu terkait dengan gangguan teknis seperti pemadaman listrik dan
dengan ini alternatif yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan sumber belajar
yang lain. Kendala lain yaitu terkait dengan waktu kegiatan pembelajaran yang
minim akibat pandemi Covid-19, dan alternatifnya yaitu dengan memilih sumber
belajar yang mudah dimanfaatkan dan tidak membutuhkan waktu banyak
Tidak tersedia versi lain