Text
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan
KataKunci:Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division,
Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Model pembelajaran kooperatif student teams achievement merupakan
pendekatan kooperatif yang paling sederhana yaitu mengarahkan siswa lebih aktif
dan berinteraksi satu sama lain dalam sebuah kelompok kecil agar meningkatkan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam.Ada tiga fokus
penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana
langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif student teams
achievement division dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan. Kedua,Apa faktor
penghambat dan pendukung dari implementasi model pembelajaran kooperatif
student teams achievement dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan.Ketiga,
Dampak implementasi model pembelajaran kooperatif student teams achievement
division dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama islam di SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Checking Data, Organizing Data dan
Editing Data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan
keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, langkah-langkah penerapan
model pembelajaran kooperatif student teams achievement division dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMA Negeri 1 Pademawu yaitu dari tahap persiapan, pelaksanaan, penutup, untuk
mengetahui cara menilai terhadap model pembelajaran kooperatif student teams
achievement division dalam meningkatkan motivasi belajar siswa guru pendidikan
agama islam menggunakan penilaian berupa diskusi kelompok dan kuis, bertujuan
untuk memotivasi siswa agar berusaha bertanggung jawab secara individual dan juga
digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Kedua, faktor penghambat dan
pendukung dari implementasimodel pembelajaran kooperatif student teams
achievement dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Pademawu pamekasan yaitu faktor
penghambatnya yaitu siswa tidak memperhatikan guru saat mengajar, siswa yang
kurang percaya diri. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu lengkapnya sarana dan
prasarana seperti meja, kursi, alat tulis, proyektor dan refrensi-refrensi yang ada di
perpustakaan di SMA Negeri 1 Pademawu, kualifikasi guru pendidikan agama islam
sudah memenuhi syarat dan standar kualifikasi guru.Ketiga, Dampak implementasi
model pembelajaran kooperatif student teams achievement division dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan yaitu dampaknya meningkatkan motivasi
belajar siswa, melatih siswa untuk mengembangakan pendapatnya, Adanya
penghargaan dari guru, sehingga siswa lebih termotivasi untuk aktif dalam
pembelajaran.
Peneli ingin memberikan saran sebagai bentuk evaluasi kepada semua elemen
lembaga baik guru pendidikan agama islam terkait model pembelajaran kooperatif
student teams achievement division dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar
benar-benar diperhatikan karena sangat penting terutama kepada siswa itu sendiri
demi terwujudnya pembelajaran yang efektif dan efisien dan diharapkan terus maju
dalam menerapkan model pembelajaran yang kreatif agarmenciptakan pembelajaran
yang tidak membosankan, dan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif
STAD ini diperlukan persiapan yang sangat matang agar pelaksnaannya sesuai yang
diharapkan
Tidak tersedia versi lain