Text
Upaya Guru Bk Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Dalam Pembentukkan Konsep Diri Siswa Di Smp Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal dan Konsep Diri
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya komunikasi interpersonal siswa
terhadap lingkungannya sehingga menyebabkan kurangnya memahami jati diri mereka
sebagai makhluk sosial, dalam hal ini sangat diperlukan penanganan khusus untuk
meningkatkan komunikasi interpersonal yang harus dilakukan oleh guru BK dalam
membentuk konsep diri siswa yang matang. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana upaya guru BK untuk meningkatkan komunikasi
interpersonal dalam pembentukkan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Kedua,
Apa saja faktor penghambat upaya guru BK untuk meningkatkan komunikasi interpersonal
dalam pembentukkan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Ketiga, Apa saja faktor
pendukung upaya guru BK untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dalam
pembentukkan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri
1 Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data,
display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data
peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, upaya guru BK untuk meningkatkan
komunikasi interpersonal dalam pembentukkan konsep diri siswa yang dilakukan oleh guru
BK adalah memberikan layanan dan bimbingan berupa layanan informasi dengan bimbingan
kelompok. Kedua, faktor penghambat upaya guru BK untuk meningkatkan komunikasi
interpersonal dalam pembentukkan konsep diri siswa melitputi, 1). Tidak adanya keterbukaan
dari siswa terhadap guru BK, 2). Kurang aktifnya siswa dalam pemberian layanan bimbingan
dan konseling. Ketiga, faktor pendukung upaya guru BK untuk meningkatkan komunikasi
interpersonal dalam pembentukkan konsep diri siswa meliputi, 1). Adanya RPBK untuk
perencanaan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada siswa, 2). Adanya
sarana dan prasarana berupa ruang BK yang mempermudah guru BK dalam pemberian
layanan bimbingan dan konseling kepada siswa, 3). Adanya papan bimbingan di depan ruang
BK untuk mempermudah dalam pemberian suatu informasi tentang ke BK an kepada siswa
Tidak tersedia versi lain