Text
Implementasi Sistem Kredit Semester dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep
Kata kunci: SKS, Kualitas Pembelajaran, Hambatan
Pendidikan merupakan usaha produktif yang digunakan untuk
memperbaiki pola hidup manusia dalam berbangsa dan berbudaya, sehingga butuh
terobosan-terobosan baru untuk disesuaikan dengan realitas zaman sehingga
pendidikan akan selalu dinamis dan terus menjadi solutif utama untuk menjadikan
manusia bermartabat dan berdedikasi pada alam sekitar. Penggunaan sistem SKS
ini mampu membentuk pendidikan yang dinamis dan inovatif sehingga mampu
membentuk pendidikan yang sejalan dengan tuntutan masyarakat dan menjadi
evaluasi tersendiri serta menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik, hal
demikian pendidikan tidak lagi terikat tetapi luwes sesuai kemampuan siswanya
masing-masing.
Berdasarkan hal diatas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi sistem kredit
semester dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep,
kedua, apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam peningkatan kualitas
pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep, ketiga, solusi yang ditawarkan untuk
mengatasi faktor penghambat dalam implementasi sistem kredit semester dalam
peningkatan kualitas pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Sumenep. Sumber data yang
diperoleh berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informen kepala
sekolah, waka kurikulum guru dan murid MAN 1 Sumenep, sedangkan untuk
pengecekan data bagi peneliti melalui triagulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian program sistem kredit semester di man 1 sumenep ini ada
3 fokus,yakni: fokus pertama, bagaimanapengimplementasian sistem kredit
semester dalam peningkatkan pembelajaran pai di man 1 sumenep yaitu siswa
dapat lulus 2 tahun, adapun jumlah sks dalam semester 1 dan 2 berjumlah 104 sks,
per semester berjumlah 52 sks. Sedangkan semester 3 dan 6 berjumlah 232 sks per
semester 58 sks ini yang peminatan agama, adanya paraf guru dalam jurnal
pembelajaran dengan ukbm setiap mapel sebagai tanda siswa menyelesaikan tugas
dengan baik dan berhak melanjutkan, di man 1 sumenep peneliti juga menemukan
implementasi sistem kredit semester menggunakan sistem semester, dari semester
1 dan 2 untuk kelas sepuluh kemudian 3 dan 4 untuk kelas sebelas kemudian juga
untuk semester 5 dan 6 ini untuk kelas dua belas.fokus kedua, faktor-faktor
pendukung dan penghambat dalam memaksimalkan implementasi sistem kredit
semester dalam peningkatan pembelajaran pai di man 1 sumenep yaitu, dukungan
dari sarana-prasana, dorongan dari kemenag dan dukungan dari orang tua, kurikulum k13 yang juga masih linier dengan sks, implementasi sks di man 1
sumenep ini di dukung dari civitas man 1 sumenep, guru, kepala sekolah dan
karyawan serta kerja sama/ partisipasi baik dengan siswa dan tujuan
diberlakukannya sks di man 1 sumenep, terbentuknya komite dalam pengadaan
(foto copy) ukbm. Sedangkan disisi yang lain dari faktor penghambat ini dalam
pengimplementasian sistem kredit semester di man 1 suemenep, timbulnya pro- kontra diantara beberapa guru yang tidak sepakat diterapkannya program sks, kurangnya lcd permanen dalam kelas, adannya tuntutan profesi menimbulkan
ketidak efektifan dalam program sks di man 1 sumenep. Fokus ketiga, bantuan
pengayoman dan pengarahan dari pa dan guru bk bagi siswa yang memiliki
masalah untuk ditangani, dibentuknya komite untuk meminimalisir terjadinya,
pembelajaran online dimasa pandemic, buku digital untuk mengurangi
pengeluaran dana wali murid
Tidak tersedia versi lain