Text
Penerapan Metode Hukuman Mengaji Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak di Musholla Nurul Hikmah Desa Bicorong Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Hukuman, kedisiplinan, Musholla
Kedisiplinan Anak
Dalam membentuk kedisiplinan mengaji anak, perlu adanya seseorang yang
membentuk, dimana jika kita mendengar kata musholla pastinya ada perihal
mengaji Al-Qur’an, dan di musholla pasti ada peraturan dan hukuman, adapun
peraturan dan hukuman disini bertujuan hanya untuk mendisiplinkan anak mengaji
di musholla, agar anak nantinya bisa terus disiplin tanpa bermain main atau
berbicara yang tidak ada manfaatnya ketika mengaji Al-Qur’an.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Mengapa guru menerapkan hukuman
mengaji Al-Qur’an dalam membentuk kedisiplinan anak di Musholla Nurul
Hikmah, kedua Bagaimana penerapan hukuman mengaji Al-Qur’an dalam
membentuk kedisiplinan anak di Musholla Nurul Hikmah, ketiga Bagaimana
implikasi hukuman mengaji Al-Qur’an terhadap kedisiplinan anak di Musholla
Nurul Hikmah.
Penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi,
informasinya adalah pemilik musholla, anak senior dan junior yang mengaji di
musholla, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan
keikut sertaan, ketekunan dan keajegan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui
diskusi, pengecekan anggota.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Alasan guru menerapkan
hukuman mengaji Al-Qur’an dalam hal membentuk karakter ini mempunyai tujuan
agar nantinya anak ketika sudah dewasa terbiasa ketika mengaji tidak berbicara
serta tidak bermain-main, dan dalam pengambilan ataupun penetapan metode
hukuman ini para orang tua anak tidak keberatan,.Kedua Penerapan hukuman
mengaji Al-Qur’an dalam membentuk kedisiplinan anak ini diterapkan ketika anak
melanggar, untuk waktu tidak ada kapan, akan tetapi lamanya menajalani hukuman
ini, yakni sampai semua anak yang tidak melanggar selesai mengaji Al-Qur’an, dan
juga dalam menjalani hukuman ini sambil berdiri, dan ada diluar sehingga anak
merasa malu jika ada orang yang lewat di sekitar musholla nurul hikmah. Ketiga
Implikasi hukuman mengaji Al-Qur’an terhadap kedisiplinan anak di musholla
nurul hikmah disini mempunyai efek jerra
Tidak tersedia versi lain