Text
, Strategi Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Problematika Penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Tlanakan
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Penerapan Kurikulum 2013,
Problematika Kurikulum 2013
Dalam penerapan kurikulum 2013, sering kita melihat permasalahan yang
bisa menjadi penghambat bagi sekolah dalam mencapai sebuah visi-misi, salah
satunya yaitu masalah kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 itu membawa
sekian banyak problem yang tidak mudah untuk dipecahkan, dan problemproblem tersebut tidak hanya dialami oleh penyelenggara pendidikan di tingkat
pusat tetapi juga di tingkat daerah, khususnya siswa-siswa dan para pendidik di
tingkat satuan pendidikan.
Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut:
Pertama, Apa saja strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam menerapkan
kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Tlanakan. Kedua, Apa saja problematika yang
dihadapi dalam menerapkan kurikulum 2013. Ketiga, Bagaimana mengatasi
problem yang dihadapi dalam penerapan kurikulum 2013.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatatif. Dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu kepala
sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan kurikulum 2013 di
SMP Negeri 1 Tlanakan sudah berjalan baik dan startegi penerapannya yaitu: a)
mengikutsertakan guru pelatihan kaitannya dengan kurikulum 2013; b)
mengadakan sosialisasi; c) mengikutsertakan guru MGMP; d) memberikan buku
penghubung untuk siswa; e) meningkatkan layanan perpustakaan dengan
menambah koleksi-koleksi baik untuk guru atau siswa; f) mengadakan supervise
dan evaluasi. Kedua, Problematika yang dihadapi dalam penerapan kurikulum
2013 di SMP Negeri 1 Tlanakan yaitu: a) masalah datang dari siswa, artinya siswa
tidak bisa menggunakan pendekatan saintifik artinya siswa tidak bisa disuruh
untuk mengamati sendiri, bertanya sendiri, mengumpulkan informasi sendiri; b)
masalah datang dari guru, yaitu kurikulum yang cepat berubah artinya guru
kesulitan dengan revisi-revisi KD yang selalu berubah tiap tahunnya. Ketiga,
mengatasi problem yang dihadapi dalam penerapan kurikulum 2013 di SMP
Negeri 1 Tlanakan yaitu: a) strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam
menhadapi siswa, yaitu dengan memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa,
memerintahan teman-teman guru terutama bagian perpustakaan untuk membrikan
strategi bagaimana siswa itu bisa membaca ke perpus karena dengan membaca
pengetahuan siswa bisa meluas, memberikan gerakan literasi; b) strategi yang
dilakukan kepala sekolah dalam menhadapi guru, yaitu pihak sekolah memberikan
sosialisasi, memberikan pemantapan pengenai kurikulum 2013, mengikutkan
MGMP dan seminar, mengadakan supervise dan evaluasi
Tidak tersedia versi lain