Text
Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Pembelajaran Dalam Peningkatan Profesionalisme Mengajar Guru di MTs Negeri 2 Pamekasan
Kata Kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Profesionalisme Mengajar Guru
Perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa salah satunya
ditentukan oleh pendidikan.Pendidikan merupakan suatu usaha dalam
meningkatkan kualitas hidup manusia.Kualitas pendidikan dapat dilihat dari
kemampuan dan keterampilan suatu pendidikan tersebut. Salah satu pihak yang
berpengaruh sangat penting dalam pendidikan di indonesia adalah keberadaan
seorang guru sebagai pendidik dan pengajar yang akan mengarahkan generasi
bangsa ke arah yang benar dan tepat. Dalam mengembangkan profesionalisme
seorang guru melalui pendekatan diklat yang sesuai dengan tuntutan profesinya
sebagai guru mata pelajaran dan kebutuhan yang diperlukan dilapangan.
Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut:
pertama, Bagaimana pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pembelajaran dalam
peningkatan profesionalisme mengajar guru di MTs Negeri 2 Pamekasan. Kedua
Apa saja faktor penghambat dan pendukung pada pelaksanaan pendidikan dan
pelatihan pembelajaran dalam peningkatan profesionalisme mengajar guru di MTs
Negeri 2 Pamekasan.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Dengan prosedur
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.
Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu administrator, waka kurikulum, dan
guru-guru lainnya.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pelaksanaan
pendidikan dan pelatihan pembelajaran dalam peningkatan profesionalisme
mengajar guru di MTs Negeri 2 Pamekasan dilaksanakan. Program pelatihan yang
pernah dilaksanakan yaitu MGMP, informal meeting, pengembangan
kurikulum,PTK, KTI, pembuatan RPP dan pembuatan media pembelajaran, dan
juga model pembelajaran.Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan menggunakan
fungsi manajemen.Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga
evaluasi.Kedua, faktor penghambat dan pendukung pada pelaksanaan pendidikan
dan pelatihan pembelajaran dalam peningkatan profesionalisme mengajar
guru,faktor penghambatnya yaitu molornya waktu yang tidak sesuai dengan yang
ditetapkan. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang memadai
sehingga apabila ada peserta tidak membawa perlengkapan bisa memakai fasilitas
yang sudah disediakan oleh sekolah.
Tidak tersedia versi lain