Text
Pengguan Prangkat Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas XI Di SMA Negeri 4 Pameksan
Kata Kunci : Multimedia, Motivasi Belajar, PAI
Multimedia merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen informasi yang
digunakan sebagai sarana menyampaikan tujuan tertentu. Elemen informasi yang
dimaksud tersebut di antaranya teks, grafik, gambar, foto, animasi, audio, dan
video. Multimedia merupakan gabungan dari berbagai macam media, baik untuk
tujuan pembelajaran maupun tujuan yang lain. motivasi adalah suatu perubahan
energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif dan
reaksi untuk mencapai tujuan.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian yaitu: (1)
Bagaimana penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 4 Pamekasan(2) Apa saja
faktor penghambat dan pendukung dari penerapan perangkat multimedia dalam
meningkatkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA
negeri 4 pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian
lapangan. sumber data penelitian ini adalah Guru PAI dan siswa. Teknik
pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data di lakukan melalui ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan perangkat multimedia
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di
SMA Negeri 4 Pamekasan, dalam proses belajar mengajar tidak selamanya berjalan
dengan efektif. Tidak jarang di jumpai beberapa siswa dalam mengikuti
pembelajaran masih ada yang mengalami kebosanan saat mengikuti proses
pembelajaran pendidikan agama islam. Sehingga guru pendidikan agama islam
berinisiatif menggunakan perangkat multimedia dengan diterapkannya multimedia
siswa sangat bersemangat dan lebih mengerti atau paham ketika guru pendidikan
agama islam menggunakan pembelajaran yang konvensional. Guru yang mengajar
di SMA Negeri 4 Pamekasan Sudah melakukan penerapan perangkat multimedia
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dimulai dengan menyediakan
proyektor, kemudian, memberikan sedikit motivasi dan tujuan pembelajaran.
Setelah itu, menjelaskan mengenai materi pembelajaran, disaat pembelajaran
memberikan contoh gambar ataupun memutarkan video yang terkait dengan materi.
Tahap terakhir, mengevaluasi siswa seperti kuis.(2)faktor penghambat dan
pendukung dari penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA negeri 4 pamekasan. Alat
media untuk mendukung siswa agar lebih termotivasi dalam menggunakan media
proyektor, karena dengan adanya proyektor dapat memberikan penjelasan yang
detail kepada siswa dan memberikan bukti nyata. sebagai siswa sangat mendukung
adanya media proyektor, karena menurut saya itu sangat termotivasi adanya media
proyektor tersebut dalam proses pembelajaran. Contohnya guru menjelaskan materi
dengan memberikan video dan gambar melalui proyektor jadi saya tidak merasakan
bosan ataupun jenuh dalam pembelajaran PAI
Tidak tersedia versi lain