Text
Implementasi Media Publikasi Dalam Promosi Penerimaan Siswa Baru di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci : Media Publikasi, Promosi, Penerimaan Siswa Baru
Salah satu bentuk promosi sekolah bagian kehumasan, yaitu dengan cara
menentukan dan memilih media yang tepat dan cocok sesuai dengan harapan
masyarakat sehingga dapat menimbulkan kepercayaan mereka terhadap sekolah.
Dalam implementasi media publikasi tidak serta merta menentukan media apa
yang akan digunakan, sebab banyaknya media publikasi apabila dilihat dari
kelebihan maupun kekurangannya. Hal ini yang menjadi tantangan stakeholder
dalam mengimplemetasikan media publikasi untuk melakukan promosi baik
dilihat dari desainnya, jenis medianya dan anggaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana implementasi media
publikasi dalam promosi penerimaan siswa baru di MAN 1 Pamekasan. Kedua
apa kendala pada implementasi media publikasi dalam promosi penerimaan siswa
baru di MAN 1 Pamekasan. Ketiga bagaimana solusi pada implementasi media
publikasi dalam promosi penerimaan siswa baru di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala MAN 1 Pamekasan, waka humas, waka kesiswaan,
panitia PPDB dan siswa baru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama implementasi media
publikasi dalam promosi penerimaan siswa baru di MAN 1 Pamekasan dilakukan
dengan cara memperbaiki program-program unggulan dan mempublikasikan
kegiatan promosi penerimaan siswa baru kepada masyarakat luas melalui media
publikasi seperti brosur, pamflet, spanduk, kerjasama di radio karimata FM
Pamekasan, facebook, instagram, whatsapp, youtube dan website sehingga
mengalami peningkatan jumlah siswa. Kedua, kendala pada implementasi media
publikasi dalam promosi penerimaan siswa baru di MAN 1 Pamekasan, yaitu
tidak semua lapisan masyarakat mengetahui informasi yang telah disampaikan
dikarenakan tidak mempunyai gadget/media sosial, kouta internet yang mahal,
akses jaringan internet yang error, kurang memiliki rasa terhadap madrasah
sehingga pada saat proses promosi penerimaan siswa baru masih kurang optimal,
keterbatasan anggaran karena tidak ada anggaran khusus untuk media promosi.
Ketiga, solusi pada implementasi media publikasi dalam promosi penerimaan
siswa baru di MAN 1 Pamekasan yaitu melaksanakan sosialisasi dengan terjun
langsung ke SMP/MTs, membangun relasi dan kerjasama dengan stakeholders
madrasah dengan mengadakan rapat evaluasi, serta keterbatasan anggaran diatasi
dari anggaran koperasi madrasah, stakeholders madrasah memberi pinjaman
uangnya dan daftar ulang peserta didik yang telah membeli seragam sehingga dari
sisa uang seragam dapat mengatasi kendala anggaran
Tidak tersedia versi lain