Text
Inovasi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Administrasi Perkantoran di Mts Negeri 1 Pamekasan,
Kata Kunci :Inovasi Kepemimpinan, Sarana dan Prasarana Administrasi
Dalam memberikan inovasi, kepala sekolah memegang peran penting untuk menciptakan perubahan di sekolahnya, terutama masalah kedisiplinan dan sarana dan prasarana adminitrasi perkaantoran , dimana seorang kepala sekolah menjadi pedoman penting dan mempunyai tanggung jawabpenuh terhadap berkembangnya kualitas sekolah. Oleh karena itu, salah satu cara mengambangkan kualitas sekolah dibutuhkan inovasi dalam meningkatkan sarana dan prasarana administrasi perkantoran
Maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana wujud inovasi kepemimpinan dalam meningkatkan sarana dan prasarana administrasi perkantoran di MTs Negeri 1 Pamekasan: kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat inovasi kepemimpinan dalam meningkatkan sarana dan prasarana administrasi perkantoran di MTs Negeri 1 Pamekasan: ketiga, upaya kepala madrasah menghandapi hambatan inovasi kepemimpinan dalam meningktakan sarana dan prasarana administrasi perkantoran di MTs Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Dengan menjadikan kepala madrasah dan guru sebagai informan dalam memperoleh data.Analisis data dalam penelitian ini reduksi, data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan).Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pralapangan, penelitian, dan pelaporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertma, inovasi kepemimpinan dalam meningkatkan sarana dan prasarana administrasi perkantoran di MTs Negeri 1 Pamekasan dilakukan dengan tahap awal perencanaan, mengadakan pengecekan rutin tiap bulan dari segi sarana prasarana administrasi kantor. Kedua, faktor pendukung inovasi kepemimpinan dalam meningkatkan sarana dan prasarana administrasi perkantoran berupa adanya motivasi dari kepala madrasah yang akan mempengaruhi guru,fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambantnya yaitu seperti rendahnya kesadaran sebagian guru untuk terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana kantor, adanya guru yang tidak bisa mengikuti perkembangan ilmu teknologi informasi. Ketiga, upaya kepala madrasah dalam menghadapi hambatan inovasi kepemimpinan dalam meningkatkan sarana dan prasarana administrasi perkantoran berupa kepala madrasah harus selalu meberi arahan dan motivasi, guru harus dituntut untuk paham teknologi informasi
Tidak tersedia versi lain