Text
Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Pamekasan,
Kata Kunci: gaya kepemimpinan guru, motivasi belajar
Gaya kepemimpinan guru adalah sikap atau penampilan yang dipilih
seseorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin atau guru.
Gaya kepemimpinan yang digunakan seorang pemimpin yang satu dengan yang
lainya tidak sama yaitu tergantung pada situasi dan kondisi kepemimpinanya.
Motivasi merupakan kekuatan yang bertindak pada organisme yang dapat
mendorong dan menggerakkan perilakunya. Konsep motivasi biasanya digunakan
untuk menjelaskan perbedaan-perbedaan dalam intensitas perilaku. Dengan
adanya motivasi inilah, manusia dapat mendorong orang lain untuk melakukan
suatu kegiatan tertentu.
Berdasarkan paparan tersebut ada dua pokok permasalahan yang akan
menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana kepemimpinan
yang di terapkan oleh guru di SMKN 1 Pamekasan. Kedua, apakah kepemimpinan
yang di terapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1
Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh
peneliti berupa wawancara, observasi dan dikumentasidengan informan Guru dan
siswa di SMKN 1 Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsaha data
diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi
waktu, triangulasi teori.
Hasil peneliti yang telah dilakukan menunjukan bahwa: pertama, Gaya
kepemimpinan guru yang di terapkan dalam proses belajar mengajar di SMKN 1
Pamekasan yaitu menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Gaya
kepemimpinan ini memberikan kesetaraan dalam berpendapat sehingga guru dan
peserta didik dapat memiliki hak yang sama untuk ikut berpartisipasi dalam
proses belajar mengajar di kelas. Kedua, Dalam kegiatan proses pembelajaran,
faktor eksternal yang mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik di
kelas adalah kinerja guru. Cara guru dalam memotivasi peserta didik dalam
belajar ialah dengan memberikan angka, angka dalam hal ini sebagai simbol
penilaian dari kegiatan belajar peserta didik di kelas. Siswa belajar dengan tujuan
utama untuk mencapai nilai sebaik mungkin. Angka yang baik itu bagi para
peserta didik merupakan motivasi yang sangat kuat
Tidak tersedia versi lain