Text
Urgensi Manajemen Edupreneurship dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Musthofa Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan
Kata kunci: Manajemen Edupreneurship, Pembentukan Karakter, Kewirausahaan
Siswa
Penelitian ini dilakukan berdasarkan sebuah fenomena yang ditemui di
sekolah kejuruan SMK Nurul Musthofa Pegantenan Pamekasan yang
mengimplemtasikan manajemen edupreneurship dalam prioritas pembelajarannya.
Adapun fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini: Pertama, bagaimana
Implementasi manajemen Edupreneurship di SMK Nurul Musthofa Kecamatan
Pegantenan Kabupaten Pamekasan?. Kedua, bagaimana program pembentukan
karakter kewirausahaan siswa melalui Edupreneurship di SMK Nurul Musthofa
Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif-kualitatif
dengan jenis penelitian studi fenomenologi yang bertujuannya untuk menguraikan
fenomena yang diteliti dan temuannya bersifat menggambarkan, menguraikan
sesuatu yang menurut apa adanya dan berupa kata-kata.
Hasil penelitian ini menjukkan bahwa; Pertama, implementasi
edupreneurship disekolah difokuskan pada pembiasaan siswa dalam berwirausaha
yang disalukan dalam tiga kegiatan, yaitu; edupreneurship yang diterapkan dalam
kegiatan koperasi, edupreneurship yang diterapkan dalam pelajaran prakarya dan
kewirausahaan, edupreneurship yang dilakukan dalam kegiatan tahunan siswa
dalam bentuk kegiatan bazar kewirausahaan. Kedua, program pembentukan
karakter kewirausahaan siswa di SMK Nurul Musthofa dilakukan dalam upaya
menjawab permasalahan karakter peserta didik yang sebagian besar peserta didik
tidak percaya diri. Oleh karena itu dilakukan dua upaya dalam mengatasinya,
yaitu; melatih kepercayaan diri siswa dengan menekankan pada kegiatan-kegiatan
sosial kewirausahaan, melatih siswa fokus dalam menekuni suatu bidang yang
diminat
Tidak tersedia versi lain