Text
Sikap Dan Persepsi Dalam Perilaku Organisasi Untuk Mencapai Tujuan Organisasi di MA Al-Djufri Blumbungan Larangan Pamekasan
KataKunci : Sikap Dan Persepsi Dalam Perilaku Organisasi Untuk Mencapai
Tujuan Organisasi.
Kepala sekolah memiliki peranan sangat penting dalam membentuk
karakter siswa dan guru disekolah. Karna sebagai lembaga pendidikan formal
yang juga terkait dengan pondok pesantren, kepala sekolah tidak hanya
menekankan pada ilmu pengetahuan saja namun juga sikap dan persepsi dalam
perilaku organisasinya untuk penunjan pendidikan yang mampu berorientasi pada
pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yaitu 1)
Bagaimana Sikap Dan Persepsi Guru Dalam Perilaku Organisasi Untuk Mencapai
Tujuan Organisasi di MA Al-Djufri Blumbungan. 2) Bagaimana Upaya
Membentuk Sikap Dan Persepsi Guru Dalam Perilaku Organisasi Untuk
Mencapai Tujuan Organisasi di MA Al-Djufri Blumbungan. 3) Faktor yang
Mempengaruhi Sikap Dan Persepsi Guru Dalam Perilaku Organisasi Untuk
Mencapai Tujuan Organisasi di MA Al-Djufri Blumbungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
informannya adalah kepala sekolah, guru BK, guru agama dan siswa. Analisis
data menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui duduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi
metode, sumber, peneliti dan teknik.
Hasil penelitian in menunjukkan bahwa: 1) Sikap dan persepsi guru dalam
perilaku organisasi untuk mencapai tujuan organisasi di MA Al-Djufri
Blumbungan Larangan Pamekasan yaitu menerapkan sikap kebersamaan atau
kekeluargaan artinya setiap permasalahan dipecahakan secara bersama sama. 2)
Upaya membentuk sikap dan persepsi guru dalam perilaku organisasi untuk
mencapai tujuan organisasi di MA Al-Djufri Blumbungan Larangan Pamekasan
yaitu kepala sekolah memberi tanggung jawab penuh kepada guru untuk
melakukan tugas dan fungsinya. dan setiap tahunnya dilakukan evaluasi untuk
mengetahui guru itu masih layak atau tidak, untuk siswa sendiri membentuk sikap
dan persepsi dengan terus melakukan motivasi baik oleh wali kelas, guru dan
kepala sekolah tentang bagaimana bersikap yang baik serta menerapkan
kedisiplinan dan tanggung jawab penuh. 3) faktor yang mempengaruhi sikap dan
persepsi guru dalam perilaku organisasi untuk mencapai tujuan organisasi di MA
Al-Djufri Blumbungan Larangan Pamekasan yaitu yang paling mempengaruhi
adalah lingkungan. Lingkungan yang mendukung akan memberi pengaruh yang
baik terhadap siswa maupun guru dalam perilaku organisasinya. Sebaliknya
lingkungan yang kurang mendukung akan memberi pengaruh yang tidak baik
terhadap prilakunya yaitu sikap dan persepsi.
Tidak tersedia versi lain