Text
Pengelolaan Kurikulum 2013 Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Bagi Siswa Di MTs Rihlatut Thullab Taddan Camplong Sampang,
Kata Kunci :Kurikulum 2013, Karakter Mandiri
Kurikulum merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan
dan perlu dirumuskan dengan matang, termasuk perumusan kurikulum dalam
mengembangkan karakter mandiri siswa. Untuk mewujudkan kurikulum yang
baik perlu dilakukan pengelolaan kurikulum, khususnya kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 perlu di rumuskan dengan matang, mulai dari perencanaan,
pelaksaan, hingga evaluasi. Tiga elemen ini akan sangat berpengaruh terhadap
mengembangkan karakter siswa (mandiri).
Berdasarkan hal tersebut peneliti memfokuskan ada tiga masalah Petama,
Bagaimana pengelolaan kurikulum 2013 dalam mengembangkan karakter mandiri
bagi siswa di MTs Rihlatut Thullab Tadddan? Kedua,Bagaimana faktor
pendukung dan penghambat pengelolaan kurikulum 2013 dalam mengembangkan
karakter mandiri bagi siswa di MTs Rihlatut Thullab Tadddan ?
Peneliti dalamm elakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti
berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi
(partisipan) dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, dan guru.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikut sertaan peneliti,
triangulasi dengan ketekunan peneliti/pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pengelolaan Kurikulum 2013
Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Bagi Siswa di MTs Rihlatut Thullab
Tadddan dilakukan dalam proses perencanaan membahas tentang perumusan
tujuan kurikulum dan perumusan isi. Untuk memasuki tahun ajaran baru, dengan
dihadiri oleh semua elemen sekolah, mulai dari kepala sekolah, jajaran guru,
tanaga kependidikan dan sebagian siswa. Pelaksanaan kurikulum 2013
mentransfer dari apa yang sudah direncanakan oleh guru sebelumnya. Selain
karakter mandiri yang dilakukan ada beberapa kegiatan seperti shalat dhuha, guru
menberi tugas, piket kelas dan lain. Evaluasi kurikulum 2013 dilaksanakan
setahun dua kali di akhir semester satudan semester dua. Tahap ini yang dilakukan
untuk bisa mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan ataupu tingkat
kegagalan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kurikulum
2013 dalam mengembangkan karakter mandiri bagi siswa di MTs Rihlatut
Thullab Tadddan, faktor pendukung yaitu, tersedianya sarana dan prasarana dalam
mendukung proses pembalajaran, memprioritaskan perkembangan karakter siswa
khususnya karakter mandiri dan adanya kerja sama yang baik antara kepala
sekolah, guru dan siswa. Sedangkan kendalanya bersumber dari siswa, kenakalan
siswa menyebabkan ketidak sabaran guru dalam membimbing sehingga
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tidak sesuai dengan yang sudah
direncanakan sebelumnya
Tidak tersedia versi lain