Text
,Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat,
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan,Minat Masyarakat
Lingkungan pendidikan saat ini sudah mengalami banyak perubahan
dari berbagai keahlian, hal ini disebabkan oleh keberagaman kegiatan dan
kultur yang masuk dengan persaingan sehat dalam membawakan visi dan
misi. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai visi dan misi yaitu
melibatkan berbagai pihak terkait pengelola dan pengembangan strategi yang
tepat. Salah satu strategi yang tepat dalam mengenalkan visi dan misi sekolah
yaitu strategi pemasaran. Dalam proses pelaksanaan strategi pemasaran jasa
pendidikan harus ada tahap yang dilakukan dari mulai perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi untuk bisa mencapai tujuan yang
sesuai dengan adanya tahapan tersebut.
Berdasarkan penjelasan singkat di atas maka ada 3 fokus penelitian
yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, apa saja strategi
pemasaran jasa pendidikan yang digunakan oleh SMK Negeri 1 Pamekasan
dalam meningkatkan minat masyarakat. Kedua, bagaimana penerapan strategi
pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Pamekasan
dalam meningkatkan minat masyarakat. Didalam penerapan strategi
pemasaran jasa itu membahas mengenai proses dimana mencakup empat
tahapan yaitu dari mulai tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan
dan evaluasi. Ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendorong pada strategi
pemasaran jasa pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan dalam meningkatkan
minat masayarakat.
Penelitian dalam peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan jenis penelitian studi fenomenologi. Sumber data yang
diperoleh peneliti yaitu melalui wawancara (semiterstruktur), observasi dan
dokumentasi kepada kepala sekolah, waka kurikulum, waka humas, guru dan
peserta didik.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa:
Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan SMK Negeri 1
Pamekasan yaitu ada luring membagikan brosur, memasang banner di
tempat-tempat strategis, dan melakukan sosialisasi ke sekolah SMP/MTS
untuk strategi daring yaitu pembuatan video dan konten yang di upload ke
youtube, IG, WA juga bekerja sama dengan radio dan media cetak. Kedua,
penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan SMK Negeri 1 Pamekasan dari
mulai perencanaan yaitu menentukan tujuan, konsep, strategi, tempat atau
sekolah-sekolah dan waktu. Pengorganisasian yaitu dipasrahkan kepada waka
humas/kesiswaan dengan dibagi 2 tim yaitu tim daring diberikan kepada
bagian multimedia dan tim luring diberikan kepada tim kesiswaan.
Pelaksanaan setiap tahun pada bulan januari dan februari dengan melibatkan
semua pihak sekolah, alumni dan masyarakat sekitar. Evaluasi dilakukan darivi
awal sampai akhir oleh kepala sekolah. Ketiga, faktor penghambat yaitu tidak
bisa melakukan sosialisasi langsung dengan siswa tetapi melewati guru BK,
faktor pendukung yaitu mempunyai SDM yang kompak alumni, dan
masyarakat sekitar yang ikut membantu memasarkan.
Tidak tersedia versi lain