Text
Peran Komunikasi Humas Dalam Membangun Citra Dan Reputasi SDN Patemon 1 Pamekasan
Kata Kunci: Peran Hubungan Masyarakat (Humas), Citra Dan Reputasi
Dalam peran komunikasi humas, seringkali terdapat berbagai cara dalam
pelaksanaan humas, yang mana humas ini mempunyai peran yang sangat penting
bagi sekolah dan humas disini bisa diartikan sebagai proses komunikasi yang
dilakukan antar sekolah dengan masyarakat dengan tujuan agar bisa meningkatkan
kualitas pendidikan pada sekolah. sehingga dalam hal ini, sekolah dapat dikenal
oleh masyarakat serta dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat dan adanya
humas disini dapat membangun citra dan reputasi sekolah. citra dan reputasi yang
baik sangat penting bagi sekolah, karena hal ini akan berdampak baik bagi
sekolah.
Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian yang dapat
diuraikan sebagai berikut :Pertama, Bagaimana pelaksanaan humas dalam
membangun citra dan reputasi di SDN Patemon 1 Pamekasan. Dan yang Kedua,
Apa saja upaya-upaya yang dilakukan humas dalam memperluas jaringan
kerjasama di SDN Patemon 1 Pamekasan.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peniliti adalah
pendekatan kualitatif.Dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi.Sedangkan yang menjadi sumber data dalam
penelitian ini yaitu guru di SDN Patemon 1 Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Pelaksanaan humas dalam
membangun citra dan reputasi di SDN Patemon 1 Pamekasan sudah berjalan
dengan baik, yang mana pelaksanaan humasnya dapat duraikan sebagai berikut:
(a) melakukan kunjungan kerumah masyarakat untuk membangun hubungan yang
baik dengan masyarakat, (b) mengadakan kegiatan sekolah seperti kegiatan
maulid nabi, (c) memberi contoh dan teladan yang baik bagi peserta didik, seperti
membiasakan untuk bersalaman keguru terlebih dahulu ketika hendak masuk
kesekolah serta membiasakan peserta didik untuk membaca surat-surat pendek
seperti surat yasin setelah bel sudah berbunyi, (d) menjadi garda terdepan apabila
mendapatkan informasi yang kurang baik seperti adanya kecelakaan dan peserta
didik yang kurang sehat (sakit), (e) mengikutsertakan peserta didiknya dalam
berbagai perlombaan serta memberikan arahan dan pelatihan kepada peserta
didiknya. Dan yang Kedua, Upaya-upaya yang dilakukan humas dalam
memperluas jaringan kerjasama di SDN Patemon 1 Pamekasan yaitu dapat
diuraikan sebagai berikut: (a) melakukan kerjasama dengan komite sekolah yang
melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, (b) melakukan kerjasama
dengan tokoh masyarakat yang membuka langgar seperti tempat mengaji untuk
peserta didik, (c) melakukan kerjasama dengan puskesmas guna memeriksa
kesehatan peserta didik seperti pemeriksaan kesehatan gigi, perkembangan jenis
penyakita anak, tinggi badan atau imunisasi serta setiap enam bulan sekali
diberikan obat cacing
Tidak tersedia versi lain