Text
Korelasi antara Manajerial Kepala Madrasah Dengan Kinerja Guru Di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Manajerial kepala madrasah merupakan seperangkat keterampilan yang
dimiliki oleh kepala sekolah/madrasah untuk mengelola sekolah atau
madrasah dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk
digunakan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Ada tiga
macam keterampilan manajerial yang diperlukan oleh seorang manajer dalam
mengelola sumber daya organisasi, yaitu: keterampilan konseptual (conseptual
skill), keterampilan hubungan manusia (human skill), dan keterampilan teknikal
(technical skill).
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya korelasi
antara manajerial kepala madrasah dengan kinerja guru di MAN 1 Pamekasan,
dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara manajerial kepala
madrasah dengan kinerja guru di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif yaitu metode positivistik karena
berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini disebut kuantitatif karena data
penelitiannya berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik.
Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional.
Penelitian Korelasional (correlational research). jenis penelitian dalam penelitian
ini menggunakan penelitian asosiatif atau hubungan karena penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dua variabel atau lebih.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari
hasil kuisioner, dengan jumlah populasi sebanyak 75 responden.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Berdasarkan tabel correlations, diketahui
nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis (Ho) yang
diajukan ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan
yang signifikan antara manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru di MAN 1
Pamekasan. Sedangkan nilai pearson correlations sebesar 0,982. Artinya
manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru korelasinya sempurna dan arahnya
positif, hal ini dapat diartikan bahwa apabila manajerial kepala sekolah dinaikkan
1, maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,982, dan 2) Berdasarkan hasil uji
hipotesis, Berdasarkan tabel model summary, diperoleh koefisien determinasi R
Square 0,965 yang mengandung pengertian bahwa kontribusi atau sumbangan
yang diberikan oleh variabel independen (manajerial kepala sekolah) terhadap
variabel dependen (kinerja guru) adalah sebesar 96,5%. Artinya masih ada
variabel lain sebesar 3,5% yang memiliki hubungan kinerja guru
Tidak tersedia versi lain