Text
Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Kreativitas Kinerja Guru di SMPN 1 Pragaan
Kata Kunci : Kurikulum 2013, kreativitas
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang mana
difokuskan pada pemerolehan kompetensi-kompetensi yang akan diperoleh
peserta didik. Pada kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi disini diarahkan
terhadap pengembangan pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap
yang akan dimiliki peserta didik. Sedangkan Kreativitas dapat didefinikan sebagai
“proses” untuk mendapatkan sesuatu yang baru berdasarkan elemen yang ada
dengan menyusun kembali elemen-elemen tersebut. Penunjang kreativitas disini
memiliki 3 unsur utama , yaitu keahlian, motivasi serta keterampilan dalam
berfikir kreatif.berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga pokok permasalahan yang
akan menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: pertama , Bagaimana
Implementasi K-13 yang diterapkan di SMPN 1 Pragaan, kedua: Bagaimana
kreativitas seorang guru setelah dilaksanakannya K-13, ketiga, Apa saja faktor
pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kreativitas kinerja guru dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMPN 1 Pragaan.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh
peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan,
observasi (non partisipan) dan dokumentasi.Sedangkan untuk pengecekan
keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti, ketekunan peneliti/pengamat, dan
triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama,
Implementasi kurikulum 2013 dapat diterapkan melalui beberapa hal yaitu seperti
perancangan pembelajaran, mengorganisasian, memilih pendekatan, menentukan
kompetensi, serta menentukan kriteria penilaian. Kedua, Kreativitas dalam
implementasi kurikulum 2013 sangatlah berpengaruh terhadap kemampuan
peserta didik maka dari situ seorang pengajar atau guru di sini perlu memiliki
kemampuan kreativitas yang tinggi maksudnya guru disini perlu
mengembangkan kreativitasnya dalam memilah-memilih media, menentukan
metode, strategi serta model pembelajan agar daya minat peserta didik dapat
bertambah terhadap pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Ketiga, faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013, yang peneliti
lihat didalam penelitiannya salah satu yang menjadi faktor pendukung yaitu
SDM yang kompeten dan fasilitas sarana prasarana, sedangkan kurangnya
partisipasi warga sekolah menjadi salah satu faktor penghambatnya dalam
implementasi kurikulum 2013
Tidak tersedia versi lain