Text
trategi Kepala Madrsah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Covid-19 di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrsah, Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era
Covid-19.
Kepala madrasah merupakan tenaga fungsional yang diberikan tugas dan
tanggung jawab dalam memimpin suatu madrasah, dengan adanya peningkatan
mutu pendidikan di era covid-19 maka kepala madrasah harus mempunyai
starategi baru dalam meningkatkan mutu pendidikan lebih baik.
Berdasarkan penjelasan diatas muncul bebrapa fokus penelitian sebagai
berikut: pertama, Bagaimana strategi yang diterapkan kepala madrasah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di era covid-19. Kedua, faktor pendukung dalam
uapaya meningkatkan mutu pendidikan di era covid-19. Ketiga, faktor
penghambat dan solusi dalam mingkatkan mutu pendidikan di era covid-19.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang
diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru.
Strategi yang diterapkan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di era covid-19 dilakukan dengan cara kepala madrasah melakukan
pelatihan yang dilakukan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas
pelajaran dimasa pandemi, mengoptimalkan kegiatan MGMP di internal madrasah
dalam rangka untuk mempersiapkan materi pelajaran yang dilakukan dan
melakukan penguatan kurikulum. Kedua, faktor pendukung dalam uapaya
meningkatkan mutu pendidikan di era covid-19 Banyaknya guru yang menguasai
IT sehingga ini menjadi pendudkung dalam melakukan pembelajaran jarak jauh
dan adanya bimbingan terkait penguasan IT yang dilakukan kepada guru-guru
yang belum mampu menguasai IT. Ketiga, faktor penghambat dan solusi dalam
mingkatkan mutu pendidikan di era covid-19 ada sebagian siswa yang tidak
mempunyai android dan mengeluhkan jaringan yang kurang memadai
Tidak tersedia versi lain