Text
Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Masa Pandemi di SMP Negeri 5 Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Kata kunci: Penerapan, Pembelajaran, masa pandemi
Latar belakang penelitian ini yakni tentang pembelajaran disaat pandemi
covid-19, dimana pembelajaran sangat perlu dilakukan meskipun jarak, ruang, dan
wktu terbatas.oleh karena itu penting dalam penerapan pembelajaran pendidikan
agama islam dalam masa pandemic di SMPN 5 Pamekasan untuk meningkatkan
pengetahuan dalam keadaan yang terbatas.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berbentuk
deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informan guru pendidikan agama islam, kepala sekolah dan siswa.
Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, mendisplay data,
kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan,
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan serta triangulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Penerapan
pembelajaran yang diterapkan SMPn 5 Pamekasan memang mengikuti alur
kepemerintahan yakni dengan menerapkan metode daring dan blendend learning.
Pembelajaran daring yaitu belajar dari rumah sedangkan blanded learning yaitu
pembelajaran yang menggunakan ganjil genap atau secara bergantia-gantian
sesuai nomer absen. Pemebelajaran dilakuakan dengan mematuhi protocol
kesehatan yang sesuai dengan intruksi dari pemerintah, sehingga pembelajaran
berlangsung seperti biasanya. (2) faktor penghambatnya ialah pertama kesulitan
dalam mengontrol peserta didik yang serius dalam mengikuti pembelajaran.
Kedua peserta didik yang diggal di infrastruktur yang kurang baik dalam
mengakses internet akan kesulitan. Ketiga, tidak semua peserta didik memliki
fasilitas untuk mengakses pembelajaran daring. Keempat, lebih banyak teoritik
daripada praktek. . Sedangakan faktor pendukungnya ialah pesertadidik lebih luas
dalam mencari refrensi, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan
santai, waktudan tempat lebih efektif, dan peserta didik dilatih untuk lebih
menguasai teknologi informasi
Tidak tersedia versi lain