Text
Pengelolaan program Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Sosial Budaya dan Agama di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Manajemen pendidikan Karakter, Pembentukan
Karakter Berbasis Sosial Budaya dan Agama
karakter tidak lepas mempelajari nilai atau sikap, norma, dan moral. Salah satu
unsure dalam karakter seseorang adalah sikap dan perilaku. Sikap seseorang
diwujudkan dalam perilaku orang tersebut dan perilaku akan dilihat orang lain dan itu
akan membuat orang lain menilai bagaimanakah karakter orang tersebut. Bahkan dari
sikap dan perilaku tersebut orang lain cenderung menilai sebagai cerminan karakter
seseorang tersebut, walaupun hal yang dilihat orang lain tidak tentu benar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengelolaan program Pembentukan
Karakter Siswa Berbasis Sosial Budaya dan Agama di SD Plus Nurul Hikmah
Pamekasan..
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, pengelolaan pembentukan karakter siswa
berbasis sosial, budaya dan agama di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan; Kedua, faktor
pendukung dalam pengelolaan pembentukan karakter siswa berbasis sosial budaya dan
agama di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan; Ketiga, faktor penghambat dalam
pengelolaan pembentukan karakter siswa berbasis sosial budaya dan agama di SD Plus
Nurul Hikmah Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya
adalah, Kepala Sekolah SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan dan pihak sekoalah yang
lain. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan atau keajengan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, pengelolaan pembentukan
karakter siswa berbasis sosial budaya dan agama di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
diterapkan sesuai visi dan misi Nurul Hikmah, yaitu menciptakan siswa yang bertaqwa
dan berprestasi, sehingga untuk mencapai visi dan misi tersebut, Kepala Sekolah
merancang strategi yang pelaksanaannya dilakukan dengan upaya memberikan edukasi
tentang pembentukan karakter di bidang keagaaman dan sosial budaya. Kedua faktor
pendukung dalam pengelolaan pembentukan karakter siswa berbasis sosial budaya dan
agama di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan terdiri dari dua faktor, yaitu faktor dari
dalam dan dari luar. Faktor yang berasal dari luar yaitu guru, orang tua dan masyarakat,
sedangkan dari dalam yaitu berasal dari siswa itu sendiri. Ketiga, Faktor penghambat
dalam pembentukan` karakter yaitu adanya masa pandemi dan kurangnya dukungan
orang tua
Tidak tersedia versi lain