Text
Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tarbiyah IAIN Madura
Dunia pendidikan saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan permasalahan yang dihadapi bukanlah tantangan yang harus dibiarkan begitu saja, permasalahan yang dimaksud yaitu prestasi akademik mahasiswa. Kompetensi dosen pada dasarnya memiliki peran dalam mengatasi masalah seperti prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh tingkat kompetensi dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020 pada program studi Manajemen Pendidikan Islam di IAIN Madura dengan menggunakan responden 72 mahasiswa. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tujuan pembelajaran adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa yang akhirnya akan terefleksi pada prestai mahasiswa. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa yaitu kompetensi dosen.
Penjelasan di atas muncul beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Adakah Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tabiyah IAIN Madura, Kedua, Seberapa Besar Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tabiyah IAIN Madura.
Penelitian ini pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya korelasional. Istrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu mahasiswa IAIN Madura.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Dilihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan di atas menunjukkan bahwa kompetensi dosen berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa prodi MPI di IAIN Madura. Yang mana hasil analisis koefisien korelasi di mana r kerja diperoleh hasil sebesar 0,450 dan harga kritik r tabel product moment pada level signifikansi 5% dengan N = 72 sebesar 0,235. Hal ini menunjukkan bahwa r kerja 0,450 > r tabel 0,235 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 4,384 dan nilai t tabel pada level signifikansi 5% dengan dk = 70 sebesar 1,994. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung 4,384 > t tabel 1,994 maka data yang diperoleh dari sampel pada penelitian ini dapat berlaku untuk populasi. Kedua, Besarnya Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tarbiyah IAIN Madura tergolong pada interpretasi sedang. Yaitu hal ini berdasarkan nilai r kerja 0,450 berada pada interval koefisien korelasi antara 0,400 – 0,599
Tidak tersedia versi lain