Text
Pengembangan Kinerja Guru Melalui Budaya Organisasi Berbasis Religius di MTs. Mambaul Ulum SBA Klompang Timur Pakong Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Kepala Madrasah, Hambatan dan Solusi Pengembangan
Kinerja Guru
Peran kepala madrasah dalam suatu lembaga pendidikan sangat penting. Hal
tersebut dikarenakan kepala madrasah adalah orang pertama yang memiliki hak
dalam membuat keputusan dan terlaksananya semua program atas dukungan
kepala madrasah terutama akan menjadikan lembaga pendidikan akan
berkembang serta beberapa kinerja dari tenaga pendidik atau guru juga
dipengaruhi dari kepemimpinan kepala madrasah tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, strategi kepala madrasah dalam
pengembangan kinerja guru di MTs. Mambaul Ulum SBA Klompang Timur
Pakong Pamekasan; kedua, Faktor penghambat dan solusi dalam pengembangan
kinerja guru di MTs. Mambaul Ulum SBA Klompang Timur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian secara
deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti sumber data primer dan
sekunder, dimana data primer yang diperoleh tersebut langsung dari responden
atau objek yang diteliti dan data sekunder yang telah lebih dahulu dikumpulkan
dan dilaporkan oleh orang atau instansi di luar dari peneliti sendiri. Sedangkan
prosedur pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Kemudian pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, strategi yang
dilakukan oleh kepala madrasah diantaranya yaitu kolom guru, sholat dhuha
berjemaah dan dhuhur berjamaah, pada kolom guru biasanya dibungkus dengan
acara seperi arisan, pembacaan surah yaasin bersama dan tahlil. Kedua, faktor
penghambatnya yaitu adanya faktor pendukung seperti sarpras yang kurang
memadai, kurangnya kemauan dari diri guru itu sendiri, motivasi internal dan
eksternal serta faktor jarak. Sedangkan solusinya yaitu adanya dorongan motivasi
dari kepala madrasah dan guru yang lain, fasilitas yang lengkap, serta kemauan
dan tekat yang kuat dari diri sendiri
Tidak tersedia versi lain