Text
Peran Kepala Madrasah Sebagai Manager Dalam Penerapan Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Di Ma Matsaratul Huda Panempan Pamekasan,
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Penguatan Pendidikan Karakter.
Penelitian mengenai peran kepala madrasah sebagai manajer dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter yaitu seorang kepala madrasah merupakan komponen yang sangat penting dalam mencapai kualitas pendidikan. Kualitas seorang kepala sekolah tidak bisa dipisahkan dalam berbagai macam aspek yang berkaitan dengan situasi dan kondisi di sekolah. salah satu aspek tersebut adalah penguatan pendidikan karakter peserta didik di sekolah. penguatan pendidikan karakter adalah gerakan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa/I melalui etika, estetika, kinestika yang melibatkan dukungan dan kerja sama antara sekolah, keluarga dan masyarakat. Pendidikan karakter adalah untuk membentuk siswa/I dengan al insanul kamil. Pada penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendefinisikan peran kepala madrasah sebagai manajer dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter dan (2) mendefinisikan faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah sebagai manajer dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter.
Terdapat dua fokus penelitian yaitu: Pertama, bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter. Dan Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter. Penelitian skripsi ini menggukan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara semi terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, pendidik dan peserta didik.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai manajer dalam menerapkan kebijakan penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dapat dilihat dari tugasnya sebagai manajer yang tidak jauh beda dari fungsi-fungsi manajemen yaitu melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter. Melihat dari perencanaan dapat diketahui melalui visi, misi maupun tujuan sekolah yang menanamkan nilai-nilai karakter terhadap semua komponen yang berada dibawah naungan lembaga Madrasah Aliyah Matsaratul Huda, misalkan melaksanakan kegiatan sholat berjema’ah setiap hari kecuali hari jum’at dan hari libur, mempunyai keberanian dalam mengambil resiko, memiliki tanggung jawab terhadap semua kegiatan yang telah terprogram. Mengenai faktor-faktor dari peran kepala madrasah sebagai manajer dalam penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter di lembaga terdapat dua faktor yaitu faktor internal dari individu dan faktor eksternal dari lingkungan.
Tidak tersedia versi lain