Text
Peran Kepala Sekolah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Melalui Tahfidz Al-Quran Di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Palengaan
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Dan
Tahfidz Al-Quran
Penelitian ini dilatar belakangi peran kepala sekolah dalam memasarkan
jasa pendidikan, maka dari itu kepalah sekolah sebagai peran utama dalam
pemasaran pendidikan yaitu harus mengkordinir, mengarahkan, membimbing
bawahannya, serta memotifasi bawahannya agar semua tujuan terlaksan dengan
baik sesuai dengan tujuan bersama. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama
dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana peran kepala sekolah dalam pemasaran
jasa pendidikan melalui tahfidz Al-Quran di madarasah diniyah PPT. Al-Hidayah
palengaan,? 2) apasaja bentuk-bentuk pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan
kepala sekolah melalui tahfidz Al-Quran di madrasah diniyah PPT. Al-Hidayh
palengaan,? 3) bagaimana kendala kepala sekolah dalam pemsaran jasa pendidika
melalui tahfidz Al-Quran di madarsah diniyah PPT. Al-Hidayah palengan,?
dengan fokus penelitian ini kepala sekolah sebagai pemimpin atau agen perubahan
diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi terhadap dirinya agar
lebih mengembangkan pemasaran jasa pendidikannya agar konsumen terlayani
dengan pelayanan yang lebih baik sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan yang
diharapkan.
Penilitian ini berupa penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
madrasah diniyah pondok pesantren Tahfidzul Quran Al-Hidayah palengaan.
Teknik yang digunan dalam prosedur pengumpulan data adalah dengan cara
obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada fokus penilitian yang Pertama, Peran kepala sekolah dalam memasarkan jasa
pendidikan melalui tahfidz Al-Quran di madrasah diniyah podok pesantren AlQuran Al-Hidayah ini yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin dalam melakukan
pelayanan yang lebih baik terhadap konsumen maka kepala sekolah menambah
program tahfidzul Quran dan melakukan pemasaran tahfidz dan peran kepala
sekolah dalam pemasaran ini sebagai pemimpin, motifator, pengarah. Kedua
bentuk-bentuk pemasaran tahfidz Al-Quran yang dilakukan kepala sekolah di
madrasah diniyah pondok pesantren Tahfidzul Quran Al-Hidayah untuk
memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen maka kepala sekolah
melayani dan memasarkan program tahfidzul Quran melalui murid yang lulus dari
tingkat TK. TPA, menampilkan I’lan tahfidzul Quran, mengenalkan melalui
pengajian dan juga diwaktu rapat bersama semua wali murid dan tokoh
masyarakat, dan pengenalan lewat brosur. Ketiga kendala kepala sekolah dalam
memasarkan tahfidzul Quran secara internal yaitu kurangnya dukungan dari guru
baik berupa ketika memasarkan, dan ketika mengadakan program I’lan tahfidzu
Quran, kendala secara eksternal dari wali murid yang mana memberikan
pemahaman yang negatif kepada siswi, dan dari masyarakat yang berfikiran
negatif terhadap kepala sekolah dalam adanya tahfidz Al-Quran
Tidak tersedia versi lain