Text
Manajemen kelas dalam upaya pencapaian perkembangan agama dan moral anak usia dini di RA AL-Munawwarah
Kata Kunci :Manajemen perkembangan, Agama dan moral, anak usia dini
Manajemen kelas sangat penting untuk di implementasikan dalam kegiatan
di dalam kelas. Kebutuhan terhadap manajemen kelas, bukan hanya karena
kebutuhan akan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran melalui
pengoptimalan fungsi kelas, namun lebih dari itu manajemen di dalam kelas
merupakan respon terhadap semakin meningkatnya tuntutan peningkatan kualitas
pendidikan yang di mulai dari ruang kelas dan pengembangan nilai moral agama
erat kaitannya tentang budi pekerti seorang anak, sikap sopan santun, kemampuan
melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini
yaitu: (1) Bagaimana manajemen kelas dalam upaya pencapaian perkembangan
agama dan moral anak usia dini di RA Al-Munaawwaroh. (2) Faktor – faktor apa
saja yang menjadi pendukung dan penghambat manajemen kelas dalam upaya
pencapaian perkembangan agama dan moral anak usia dini di RA Al- Munaawwaroh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan
kualitatif dan jenisnya deskriptif. Data yang di peroleh yaitu cara wawancara,
observasi,dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, dan wali
murid. Sedangkan pengecekan dan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa manajemen
kelas dalam upaya pencapaian perkembangan agama dan moral anak usia dini di
RA AL-Munawwarah sudah tercapai 90 persen masil belum 100 persen karena di
sebabkan banyak kendala-kendala seperti kekurangan lokal seperti gedung tapi
untuk 90 persen sudah tercapai, mulai dari SOP pembuatan pembiasaan seperti
salam, salim terhadap guru, rutin membaca al-quran, kegiatan ibadah, praktik
sholat dan praktik manase haji sudah dapat juara tahun lalu.
Faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kelas dalam upaya
pencapaian perkembangan agama dan moral anak usia dini di RA Al- Mnuawwaroh Konang Galis Pamekasan, tentunya tidak selalu berjalan sesuai
dengan yang diinginkan ada dua faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan
agama dan moral di RA Al-Munawwaroh Konang Galis Pamekasan yaitu faktor
pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya disini adalah,
keteladanan guru, faktor peserta didik faktor sarana dan prasarana, dan faktor
tekhnologi. Sedangkan faktor penghambatnya disini adalah, faktor lingkungan
sekolah, lingkungan rumah dan lingkungan luardan kekurangan lokal seperti
gedung
Tidak tersedia versi lain