Text
Manajemen Budaya Literasi Dalam Mewujudkan Prestas iPeserta Didik Di MTsN 3 Pamekasan
KataKunci:ManajemenBudayaLiterasi,PrestasiPesertaDidik
Manajemenbudayaliterasimerupakansuatukemampuanuntuk
mengelola,mengorganisasikan,menggerakkan,serta mengendalikan
nilai-nilaiyangpositifdalam melaksanakankebiasaanberpikirmelalui
kegiatan membaca dan menulis.Budaya literasisangatmenunjang
terbentuknya peserta didikyang dapatmencapaiprestasi.Sehingga
apabilabudayaliterasidapatdikeloladenganbaik,makabudayaliterasi
yangdibangundapatmewujudkanprestasipesertadidikyangberdaya
guna.
Berdasarkan haltersebut,makaterdapatempatpermasalahan
yang menjadikajian pokok dalam penelitian ini,yaitu:pertama,
bagaimana perencanaan budaya literasidalam mewujudkan prestasi
peserta didik di MTsN 3 Pamekasan; kedua, bagaimana
pengorganisasiandalam mewujudkanprestasipesertadidikdiMTsN3
Pamekasan;ketiga,bagaimana pelaksanaan budaya literasidalam
mewujudkanprestasipesertadidikdiMTsN 3Pamekasan;keempat,
bagaimanaevaluasidalam mewujudkanprestasipesertadidikdiMTsN3
Pamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenis
penelitiandeskriptif.Sumberdatadiperolehdengancarawawancara,
observasi,dandokumentasi.Jeniswawancarayangdigunakanadalah
wawancaraterstrukturdantakterstruktur,sedangkanjenisobservasi
yangdigunakanadalahobservasinonpartisipan.Informannyaterdiridari
kepala madrasah ,wakaakademik, wakakesiswaan, koordinatorkegiatan
literasi, kepala perpustakaan ,dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama ,perencanaan budaya
literasi dalam mewujudkan prestas ipeserta didik d iMTsN 3 Pamekasan
adalah adanya keinginan untuk menciptakan madrasah yang berbudaya
literasi dengan dilakukannya diskusi .Kedua, pengorganisasian budaya
literasidalam mewujudkan prestasi peserta didik d iMTsN 3 Pamekasan
adalah adanya enam program budaya literasi dengan beberapa
penanggung jawab. Ketiga, pelaksanaan budaya literasi dalam
mewujudkan prestasi peserta didik di MTsN 3 Pamekasan adalah dengan
dilakukan setiap hari dengan waktu yang telah ditetapkan. Keempat,
evaluas ibudaya literas idalam mewujudkan prestas ipeserta didik di
MTsN 3 Pamekasan adalah dengan adanya beberapa faktor pendukung
dan faktor penghambat serta solusi yang digunakan gun atelaksananya
budaya literasi yang dapat mewujudkan prestasi peserta didik
Tidak tersedia versi lain