Text
Teknik Komunikasi Intruktif Kepala Sekolah Dengan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Di SMAN 2 Sampang
Kata Kunci : Intruktif, Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Administrasi.
Dalam penelitian ini terdapat dua focus peneliti yaitu pertama Bagaimana
teknik komunikasi yang dilakukan kepala sekolah dengan tenaga kependidikan
guna meningkatkan layanan administrasi di SMAN 2 Sampang. Kemudian yang
focus yang kedua yaitu Apa saja faktor yang mempengaruhi komunikasi
instruktif kepala sekolah dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan layanan
administrasi di SMAN 2 Sampang.
Teknik komunikasi intruktif kepala sekolah dan tenaga kependidikan
untuk meningkatkan layanan adminsitrasi ialah merupakan suatu cara atau
prosedur yang digunakan oleh kepala sekolah untuk menyampaikan suatu
pernyataan dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan dan juga dalam
pelayanan administrasi yang diberikan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif
yang pengupulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi lapangan.
Hasil penelitian dalam penelitian ini pada fukus pertama yakni bagaimana
teknik komunikasi yang dilakukan kepala sekolah dengan tenaga kependidikan
guna meningkatkan layanan administrasi di SMAN 2 Sampang yaitu kepala
sekolah menggunakan teknik komunikasi intruktif kepada para tenaga pendidik
dalam meningkatkan layanan administrasi sekolah di SMAN 2 Sampang. Menurut
kepala sekolah penggunaan teknik komunikasi intruktif sangat baik untuk
dilakukan agar tenaga pendidik dapat lebih bertanggung jawab dan disiplin.
Adapun hasil penelitian dan fokus yang ke dua yakni apa saja faktor yang
mempengaruhi komunikasi instruktif kepala sekolah dan tenaga kependidikan
dalam meningkatkan layanan administrasi di SMAN 2 Sampang yaitu adanya
dikungan dari pihak sekolah kemudian juga profesionalisme tenaga pendidik.
Tidak tersedia versi lain