Text
Manajemen Program Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Siswa yang Religius di MTs Ummul Quro Putri Plakpak Pamekasan
Kata Kunci : Manajemen Program, Ekstrakurikuler Keagamaan, Karakter Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti terhadap
bagaimana manajemen program ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk
karakter siswa di MTs Ummul Quro Plakpak Pamekasan yang mana program
ekstrakurikuler di sana sudah dapat dikatakan terlaksana dengan cukup baik.
Melihat hal tersebut peneliti tertarik terhadap bagaimana penerapan ilmu
manajemen terhadap program ekstrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan.
Fokus penelitian yang akan diambil oleh peneliti yaitu bagaimana
perencanaan manajemen program ekstrakurikuler keagamaan di MTs Ummul
Quro Putri Plakpak Pamekasan? Bagaimana pelaksanaan manajemen program
ekstrakurikuler keagamaan di MTs Ummul Quro Putri Plakpak Pamekasan? Dan
Bagaimana evaluasi manajemen program ekstrakurikuler keagamaan di MTs
Ummul Quro Putri Plakpak Pamekasan? Sehingga dengan fokus penelitian disini,
peneliti berharap dapat menemukan jawaban atas penelitian yang dilakukan
peneliti.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu dari kepala
madrasah, waka kurikulum, guru pembimbing ekstrakurikuler, dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan manajemen program
ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter siswa di MTs Ummul
Quro Putri Plakpak Pamekasan dengan mengadakan rapat kepala madrasah
dengan para guru dan tenaga kependidikan setiap awal tahun dan mendiskusikan
segala persiapan yang dibutuhkan dalam melaksanakan program ekstrakurikuler
keagamaan tersebut seperti menentukan materi, menentukan jadwal dan waktu
pelaksanaan, menentukan bagaimana prosedur pelaksanaan program, dan
menentukan struktur kepengurusan. Kedua, pelaksanaannya membuat kebijakan
bahwa program tersebut wajib diikuti oleh seluruh siswa, pelaksanaan program
ekstrakurikuler keagamaan dilaksanakan di luar jam mata pelajaran. Ketiga,
evaluasi program ekstrakurikuler keagamaan di MTs Ummul Quro Putri Plakpak
Pamekasan untuk dapat mengukur keberhasilan program dilakukan dengan
menggunakan dua instrumen penilaian yaitu instrumen tes,dengan melaksanakan
tes lisan terhadap peserta didik mengenai materiprogram ekstrakurikuler
keagamaan yang telah ditempuh. Instrumen non tes dengan melakukan
pengawasan oleh kepala madrasah sebagai penanggung jawab pelaksanaan
program, dan mengamati langsung perilaku siswa sehari-hari di dalam lingkungan
sekolah/madrasah. Keberhasilan program terlihat pada perubahan sikap dan
perilaku siswa yang lebih taat terhadap ajaran agamanya
Tidak tersedia versi lain