Text
Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Supervisor, Supervisi, Profesionalitas
Pembentukan profesionalitas guru, kualitas pembelajaran, dan kualitas
sdm sangat dipengaruhi oleh adanya kegiatan-kegiatan supervisi dari kepala
sekolah. Pembentukan profesionalitas guru ini tidak akan luput dari teguran,
kritikan, motivasi dan juga arahan baik itu dari kepala sekolah maupun sesama
pendidik. Supervisi dari kepala sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam
meningkatkan profesionalitas seorang guru. Apalagi kegiatan supervisi ini
memang wajib dilaksanakan di setiap instansi pendidikan. Dalam hal ini seorang
guru harus paham dan mengerti tentang tugas dan tanggung kepala sekolah
sebagai supervisor guna meningkatkan profesionalitas guru.
Skripsi ini membahas tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor
dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk
megetahui (1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan
profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan (2) Langkahlangkah kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas
guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan (3) Faktor penghambat dan
pendukung dari peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan
profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui obsevasi non pastisipan yang dimana peneliti terlibat
namun hanya sebagai pengamat, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Yang
menjadi informan dalam penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan
guru di MTsN 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui tringulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kepala sekolah sebagai
supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 1 Pamekasan memang wajib dilaksanakan di madrasah ini, karena dengan
adanya peran kepala sebagai supervisor para pendidik sangat terbantu dalam
melaksanakan program pembelajaran, metode pembelajaran, dan juga dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain