Text
Manajemen Pendidikan Karakter Peduli Lingkunga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan,
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan
Pendidikan karakter merupakan sistem menanaman nilai-nilai karakter
pada peserta didik yang meliputi komponen: kesadaran, pemahaman, keperdulian,
dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Dalam
pendidikan karakter di madrasah, semua komponen (Stakeholder) harus dilibatkan
baik komponen yang ada dalam sistem pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum,
rencana pembelajaran, proses belajaran, mekanisme penilaian, kualitas hubungan,
pengelolaan pembelajaran pelaksanaan pengembangan diri peserta didik,
pemberdayaan sarana prasarana/pembiayaan, serta etos kerja seluruh warga dan
lingkungan madrasah.
Berdasarkan pemamaparan tersebut, terdapat beberapa fokus yang di
gunakan yaitu,pertama, mengenai rancangan Manajemen Pendidikan Karakter
Peduli Lingkungan Di Madrasah Stanawiyah Negeri 3 Pamekasan.Kedua,
pelayanan manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan.ketigacara dalam
mengevaluasi program manajemen pendidikan karakter peduli terhadap
lingkungan.
Tujuan dalam penelitian ini karena ingin mengetahui mengenai rancangan,
pelayanan serta evaluasi program pendidikan karakter di madrasah. Dimana
Madrasah Stanawiyah Negeri 3 Pamekasan,merupakan madrasah adhiwiyata dan
menerapkan program madrasah peduli dan berbudaya lingkungan merupakan
program yang ingin mewujudkan ketersediaan udara yang cukup, tanpa polusi
udara, makanan yang sehat tanpa bahan kimia dan pewarna karena hal ini akan
mempengaruhi proses pembelajaran di madrasah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu dari kepala madrasah, wakil
kepala madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Jenis wawancara yang
digunakan adalah wawancara terstruktur, sedangkan jenis observasi yang
digunakan adalah observasi non partisipan. Informannya adalah kepala madrasah,
wakil kepala madrasah, guru, dan siswa madrasah.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan di madrasah tsanawiyah negeri 3
Pamekasan. Terdapat tiga rancangan program pendidikan karakter diantanya,
rancanganmaster plan pengembangan green open space ( ruang terbuka hijau
),master plan pengembangan floating canteen ( kantin apung ), rencana master
plan pengembangan ( gedung produksi )yang di terapkan dalam mata pelajaran,
budaya sekolah dan dalam proses pembelajaran. Semua bentuk program
pendidikan karakter saling berkaitan satu sama lain yang diaplikasikan pada
kegiatan belajar mengajar dan kegiatan madrasah,pelaksanaan program
pendidikan karkater peduli lingkungan berupa kegiatan belajar madrasah yang
meliputi pelayanan bank sampah, kantin sehat, jumat bersih, penanaman pohon.
Warga madrasah ikut andil dalam pelaksanaan yang telah di terapkan di madrasah. Mengenai evaluasi dalam program pendidikan karakter peduli
lingkungan, semua kegiatan yang yaitu dengan melakukan pengawasan. Yaitu
kepala madrasah dan guru serta tim adwiyata mengawasi langsung kegiatan yang
dijalankan. Bentuk yang di gunakan dalam mengevaluasi program pendidikan
karakter peduli lingkungan dengan cara mengadakan rapat rutin setiap minggu,
bulan dan satu semester sekali. Rapat mingguan tersebut melibatkan guru
sedangkan untuk rapat bulanan melibatkan kepala sekolah dan guru.sedangkan
untuk rapat satu semester sekali melibatkan warga madrasah yang terdiri dari
kepala madrasah dan guru ( wali kelas ) dan wali murid.
Tidak tersedia versi lain