Text
Internalisasi Nilai Karakter Displin Siswa Melalui Penciptaan Iklim Madrasah yang Berprestasi di MA Mifahul Qulub Polagan,
Kata Kunci: Karakter Displin, Iklim Madrasah Berprestasi.
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan dari peneliti untuk
mengetahui internalisasi nilai karakter disiplin siswa melalui penciptaan iklim
madrasah yang berprestasi di MA Miftahul Qulub Polagan. Dalam penelitiam ini
terdapat tiga fokus penelitian, yaitu rancangan, pelaksanaan dan evaluasi program
internalisasi karakter disiplin melalui penciptaan iklim madrasah yang berprestasi
di MA Miftahul Qulub Polagan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif,
sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa hasil wawancara (semi
terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan di MA Miftahul Qulub Polagan,
observasi (non partisipan) dan dokumentasi dengan narasumber kepala sekolah,
Guru BK, Waka Kesiswaan dan siswa MA Miftahul Qulub Polagan. Sedangkan
untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan menggunakan dua
macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa internalisasi nilai
karakter disiplin siswa melalui penciptaan iklim madrasah yang berprestasi di
MA Miftahul Qulub Polagan, dilaksanakam melalui tiga program. Pertama,
Program Layanan Bimbingan dan Konseling. Pelaksanaan program layanan
bimbingan dan konseling dilakukan secara berkesinambungan yang bertujuan
untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik yang meliputi
pembinaan, pelaksanaan dan hasil dari layanan tersebut. Adapun pembinaan
dalam layanan bimbingan dan konseling dilakukan dengan cara konseling
individu dan kelompok. Kedua, Program Pembinaan Pengembangan OSIS. Dalam
pelaksanaanya masing-masing perangkat OSIS memiliki tugas dan tanggung
jawab yang berbeda sesuai tupoksinya masing. Pembina OSIS secara umum
bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS
di sekolah. Ketiga, Program Bimbingan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).
pelaksanaan program bimbingan kompetensi sains madrasah (KSM) dilaksanakan
setelah pihak madrasah melakukan seleksi khusus untuk memberikan kesempatan
kepada semua siswa yang memenuhi persyaratan mengikuti KSM tingkat
Kabupaten/Kota atau penunjukan langsung oleh guru berdasarkan hasil prestasi
akademik selama proses pembelajaran di madrasah. berdasarkan hasil evaluasi
prestasi akademik program kompetensi sain madrasah yang telah dilaksanakan
pada tahun pelajaran 2020/2021 nilai rata-rata pengetahuan siswa di semester
ganjil yaitu 84, sedangkan nilai rata-rata keterampilannya 86. Adapun nilai ratarata pengetahuan di semester genap yaitu 85, sedangkan nilai rata-rata
keterampilannya yaitu 87. Hasil dari evaluasi tersebut diharapakan menjadi acuan
untuk meningkat program tersebut pada tahun-tahun berikutnya
Tidak tersedia versi lain