Text
Pemanfaatan Sistem E-Learning Dalam Meningkatkan Layanan Pembelajaran Di MTs Miftahul Qulub Polagan
Kata Kunci : E-Learning, Layanan Pembelajaran Implementasi Sistem ELearning
Pengembangan e-learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran di
berbagai lembaga pendidikan meningkat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan
internet yang menunjang penyelenggaraan e-learning. Melalui e-learning proses
belajar mengajar dapat dilakukan tanpa adanya tatap muka antara pengajar dan
peserta didik. E-learning merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan yang
mampu memfasilitasi siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran baik dalam
kelas maupun luar kelas tanpa adanya sekat antara ruang dan waktu.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahn yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi sistem elearning dalam meningkatkan layanan pembelajaran di MTs Miftahul Qulub
Polagan; kedua, apa saja hambatan sistem e-learning dalam meningkatkan layanan
pembelajaran di MTs Miftahul Qulub Polagan; ketiga, Bagaimana solusi untuk
mengatasi hambatan yang terjadi dalam Implementasi sistem e-learning di MTs
Miftahul Qulub Polagan; keempat, Apa saja kelebihan dan kekurangan sistem elearning dalam meningkatkan layanan pembelajaran di MTs Miftahul Qulub
Polagan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informasinya adalah kepala madrasah, operator madrasah, dan siswa. Sedangkan
pengecekan keabsahan data yang dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam implementasi sistem elearning di MTs Miftahul Qulub Polagan ini terdapat beberapa hal diantaranya,
memasukkan semua data guru dan siswa kedalam aplikasi e-learning kemudian
guru mengelola kelas. Kedua, a) Aplikasi yang digunakan masih menggunakan dari
pusat b) Belum ada nya pembinaan khusus terhadap guru dan siswa c) Ada beberapa
guru dan siswa yang masih gaptek dalam penggunaan teknologi, d)jaringan internet
yang tidak selalu stabil. Ketiga, a) Dengan membeli aplikasi e-learning, b) dapat
melakukan pembinaan khusus yang diberikan oleh kemenag, c) siswa bisa mencari
tempat dimana jaringan itu nyaman dan lancar, Keempat, a) Kelebihan. 1)
menghemat waktu dan tenaga. 2) tidak terbatas waktu dan tempat b) Kekurangan.
1) Keterbatasan alat. 2) Guru dan murid yang belum dapat paham betul dalam
pembelajaran e-learning 3) Bagi beberapa guru dan murid yang masih mengalami
gaptek 4) Siswa akan dihadapkan dengan kurang disiplin.
Tidak tersedia versi lain