Text
Strategi Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Catur di SDN Karduluk IV Pragaan Sumenep
Kata Kunci: Strategi Guru, Mengembangkan Bakat Siswa, Ekstrakurikuler
Catur
Strategi guru dalam mengembangkan bakat siswa adalah cara yang
direncanakan atau ditetapkan secara sengaja untuk melakukan suatu kegiatan dari
guru kepada siswa agar tercapai tujuannya yaitu potensi yang dimiliki siswa bisa
benar-benar menjadi bakat. Guru sebagai pengajar dan pembimbing siswa dalam
mengembangkan bakat tentu memerlukan strategi atau cara yang digunakan dalam
kegiatan ekstrakurikuler catur. Strategi ini dipakai untuk mempermudah dalam
mengembangkan bakat siswa sehingga tujuan mereka terwujud.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama yaitu bagaimana gambaran bakat siswa
dalam kegiatan ekstrakurikuler catur di SDN Karduluk IV Pragaan Sumenep,
kedua, bagaimana strategi guru dalam mengembangkan bakat siswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler catur di SDN Karduluk IV Pragaan Sumenep, dan ketiga
bagaimana kendala atau hambatan guru dalam mengembangkan bakat catur
melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN Karduluk IV Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan) dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran bakat siswa
dalam kegiatan ekstrakurikuler catur di SDN Karduluk IV Pragaan Sumenep yaitu
catur dapat melatih otak peserta didik karena ini berkaitan dengan logika dan
waktu yang dimiliki siswa terisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.
Kedua, strategi guru dalam mengembangkan bakat siswa melalui kegiatan
ekstrakurikuler catur di SDN Karduluk IV Pragaan Sumenep, yang mana strategi
ini sangat berpengaruh terhadap bakat siswa. Semakin maksimal strategi yang
dipakai guru terhadap siswa, maka semakin berkembang baik potensi yang ada
dalam diri siswa. Strategi guru di antaranya menumbuhkan minat siswa terlebih
dahulu kemudian dimotivasi untuk mencoba sampai paham, disediakannya
fasilitas yang mendukung, memotivasi siswa serta kerjasama antara guru PJOK
dengan orang tua siswa. Ketiga, kendala atau hambatan guru dalam
mengembangkan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler catur di SDN
Karduluk IV Pragaan adalah minimnya pengetahuan siswa tentang catur,
terbatasnya fasilitas seperti papan catur, kurangnya minat siswa dan guru PJO
Tidak tersedia versi lain