Text
Strategi Komunikasi Public Relations Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pulau Mandangin Sampang dalam Memperoleh Siswa Baru
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Public Relations, Memperoleh siswa baru
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pulau Mandangin Sampang merupakan sekolah satu-satunya yang ada di Pulau Mandangin dan Masyarakat lebih memprioritaskan sekolah di luar Pulau Mandangin sebagai tujuan akhir atau yang dikenal dengan sekolah sebagai sekolah pelarian. maka dari itu bagaimana mengetahui Strategi Komunikasi Public Relations yang digunakan oleh Public Relations SMKN 3 untuk memperoleh siswa baru, Sehingga penting untuk di teliti. Ada dua fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: pertama, Apa strategi yang dilakukan Public Relations SMKN 3 Pulau Mandangin Sampang dalam memperoleh siswa baru dari tahun ke tahun? Dan yang kedua, Bagaimana kesulitan SMKN 3 Pulau Mandangin Sampang dalam memperoleh siswa baru ditengah pesatnya dunia pendidikan?
Dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mengkaji dan mendiskripsikan Strategi Komunikasi Public Relations SMKN 3 Pulau Mandangin Sampang dalam memperoleh siswa baru. dengan proses pengumpulan data, observasi, wawancara, dan menggambarkan serta menyajikan fakta yang ada di lapangan.
Hasil penelitian ini adalah: Strategi pertama: Home Visit yaitu dengan mendatangi rumah calon siswa baru yang menjadi Objek untuk mengajak calon siswa baru bergabung di SMKN 3 Pulau Mandangin Sampang. Strategi kedua: public relations SMKN 3 menggunakan strategi siaran di Masjid strategi ini mampu memberikan efek dengan cepat yaitu Informasi yang disampaikan terkait penerimaan siswa baru di SMKN 3 tersampaikan dengan efektif oleh masyarakat Pulau Mandangin. Strategi ketiga: menjalin hubungan baik dengan para komite desa Pulau Mandangin sebagaimana tugas seorang public relations harus menjalin hubungan baik internal maupun eksternal. Menjalin hubungan baik dengan para komite merupakan peluang besar untuk sekolah dalam memperoleh siswa baru karena cara promosi yang dilakukan oleh para komite menjalar ke semua area desa Pulau Mandangin sehingga, strategi yang dilakukan oleh public relations SMKN 3 ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Masyarakat Pulau Mandangin mempunyai kebiasaan untuk menyekolahkan anaknya atau melanjutkan pendidikan anaknya kepesantren, karena orang tua siswa mempunyai pola pikir bahwasanya anak selain mempelajari ilmu umum mereka harus punya bekal ilmu agama sebagai bentuk warisan abadi dari orang tua kepada anaknya agar kelak dengan ilmunya ketika orang tua meninggal dunia punya amal yang terus berjalan, yaitu anak yang sholeh. Ini merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh SMKN 3 Pulau Mandangin dalam memperoleh atau mandapatkan siswa baru.
Dan Promosi yang dilakukan oleh para alumni-alumni SMK Alfudhola’ di Pulau Mandangin dengan memberikan biaya sekolah di gratiskan untuk sekolah sederajat SMP/MTS. Daya saing ini menumbuhkan cara-cara baru atau strategi baru untuk SMKN 3 Pulau Mandangin Sampang untuk menjadi sekolah rujukan di desa Pulau Mandangin untuk memperoleh siswa baru.
Tidak tersedia versi lain