Text
Strategi Komunikasi Dalam Pembumian Gerbangsalam Di Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 (Studi Deskriptif Kualitatif LP2SI)
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pembumian Gerbangsalam
Strategi komunikasi yang merupakan paduan dari perencanaan komunikasi
dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan dari Gerbangsalam untuk upaya
bersama yang dilakukan secara sistematis dan terus-menerus dalam rangka
mentransformasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua pokok permasalahan, yaitu
pertama, bagaimana strategi komunikasi dalam pembumian Gerbangsalam di
Kabupaten Pamekasan tahun 2018?; kedua, bagaiamana model komunikasi dalam
pembumian Gerbangsalam di Kabupaten Pamekasan tahun 2018?
Metode penelitian ini, yaitu metode deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informan pertama adalah ketua, sekertaris, bendahara, fulltimer
dan anggota yang berada di keanggotaan Lembaga Pengkajian dan Penerapan
Syariat Islam (LP2SI). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Sedangkan teori yang digunaka dalam penelitian ini adalah teori komunikasi
model Harold Lasswell’s
Hasil dari penelitian ini, yaitu pertama, strategi komunikasi dalam
Pembumian Gerbangsalam, yaitu dengan mengkonsep Gerbangsalam sebagai
model dan strategi dakwah dengan pendekatan kultural dan pendekatan struktural,
membangun kelompok pelopor di lingkungan keluarga, pendidikan dan aparatur
pemerintah, seperti kegiatan program pembinaan pelajar pelopor Gerbangsalam
bagi siswa-siswi SMK Negeri maupun Swasta seluruh Kabupaten Pamekasan
dalam kegaiatan pondok Ramadhan, menggalang kerjasama dan kemitraan,
memadukan kebijakan dan pelaksanaan program pembangunan Kabupatean
Pamekasan dengan kebijakan dan pelaksanaan program Gerbangsalam. Kedua,
model komunikasi yang digunakan adalah milik Harold Lasswell’s, terdapat lima
pertanyaan yang digunakan dalam melihat proses komunikasi berdasarkan model
Harold Lasswell’s, yaitu who (siapa), says what (mengatakan apa), in which
medium (dalam media apa), to whom (kepada siapa), what effect (apa efeknya).
Model komunikasi sudah diaplikasikan ke dalam kegiatan yang dilakukan LP2SI
seperti kegiatan program pembinaan pelajar pelopor Gerbangsalam di pondok
Ramadhan, sosialisasi dan dialog dengan masyarakat, talkshow di media radio dan
televisi dan lain-lain
Tidak tersedia versi lain