Text
Implementasi Jarimatika dalam Menghafal al-Qur’an Juz 30 di Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Putri Plakpak Pegantenan Pamekasan.
Kata Kunci: Jarimatika, Menghafal Al-Qur’an juz 30, Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro
Putri
Penelitian ini dilatarbelakangi atas kegelisahan kepala madrasah mengenai tajwid dan
bacaan santri di Pondok Pesantren Putri Ummul Quro, sehingga kepala madrasah
berkeinginan untuk mendatangkan seseorang dari luar sebagai guru yang dapat membantu
santri dalam mengaji agar terarah. Pada tahun 2014 kepala madrasah bertemu dengan salah
satu alumni yang bernama Ummi Kultsum. Kepala bertanya mengenai mata kuliah yang
beliau ambil kemudian setelah di ceritakan pada waktu kepala merasa tertarik dengan metode
dan bacaan ummi yang diterapkan sehingga di tahun itu pula ummi kultsum di perintahkan
untuk membimbing siswi Madrasah Tsanawiyah kemudian hari demi hari berjalan sesuai
dengan harapan bahwa siswi sudah dapat mengaji dengan menggunakan tajwid dan bisa
menghafal al-Qur'an dengan menerapkan jari-jari sebagai alat bantu untuk mengingat. Pada
ketertarikan peneliti terhadap Implementasi Jarimatika dalam Menghafal al-Qur’an Juz 30 di
Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Putri Plakpak Pegantenan Pamekasan yang mana para
siswi sepenuhnya bisa menghafal al-Qur’an dengan mudah melalui jarimatika. Melihat hal
tersebut maka peneliti tertarik untuk mengetahui sejauh mana penerapan jarimatika begitu
efektif untuk digunakan.
Ada dua fokus permasalahan dalam penelitian ini, yakni: Pertama, bagaimana
implementasi jarimatika dalam menghafal al-Qur’an juz 30 di Madrasah Tsanawiyah Ummul
Quro Putri. Kedua, bagaimana dampak penerapan jarimatika dalam menghafal al-Qur’an juz
30 di Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Putri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
datanya adalah kepala madrasah, pengasuh pesantren, pengurus tahfidz, pembimbing tahfidz,
dan santriwati. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis datanya menggunakan metode living Qur’an.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, implementasi
jarimatika dalam menghafal al-Qur’an juz 30 di Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Putri
dimulai dengan ketertarikan pihak madrasah terhadap penggunaan jarimatika yang
diperkenalkan oleh Ustadzah Ummi Kulsum dalam acara isra’ mi’raj. Sebab ketertarikan
tersebut, siswi diwajibkan menghafal al-Qur’an dengan teknik jarimatika yaitu meletakkan
ayat-ayat al-Qur’an pada rumus jari-jari, hal ini menjadi penyemangat bagi siswi dalam
menghafal al-Qur’an. Kedua, dampak yang diperoleh dalam proses penerapan jarimatika
dalam menghafal al-Qur’an juz 30 di Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Putri adalah cukup
memuaskan, karena santri dapat menyebutkan bacaan ayat pada surah al-Qur’an yang
disoalkan. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil tes ujian lisan santri dan prestasi santri yang
menerapkan jarimatika saat lomba tahfidzul Qur’an tingkat nasional.
Tidak tersedia versi lain