Text
Pengaruh Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Anggota di KSPP Syariah BTM Sang Surya Pamekasan
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kebutuhan manusia
terhadap informasi semakin lengkap. Perkembangan teknologi informasi yang
paling banyak diminati adalah internet. Perkembangan internet sangat membantu
bagi berbagai sektor. Salah satu sektor yang juga memanfaatkan perkembangan
internet adalah sektor lembaga keuangan. Dalam melayani anggotanya lembaga
keuangan juga memberikan kebebasan dengan adanya self-service yang
memudahkan anggotanya dalam bertransaksi. Layanan harus bisa menyesuaikan
dengan mobilitas konsumen.
Tujuan dalam penelitian adalah pertama: peneliti ingin mendeskripsikan
apakah layanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan anggota di KSPP
Syariah BTM Sang Surya Pamekasan. Kedua: peneliti ingin mengetahui seberapa
besar pengaruh layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Anggota di KSPP
Syariah BTM Sang Surya Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah kolerasional, yang bertujuan untuk mengetahui
besarnya pengaruh layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah di KSPP
Syariah BTM Sang Surya Pamekasan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi
adalah seluruh nasabah yang menggunakan mobile banking di KSPP Syariah
BTM Sang Surya Pamekasan yang berjumlah 345 nasabah. Sementara teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini didapat dengan teknik
pengambilan sampel (teknik sampel) simple random sampling. Layanan Mobile Banking mempunyai pengaruh terhadap kepuasan
anggota di KSPP Syariah BTM Sang Surya Pamekasan. Hal ini sesuai dengan
hasil analisis uji T, diperoleh nilai thitung sebesar 21,011 dengan tingkat signifikan
sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga
keputusannya adalah variabel X (Layanan Mobile Banking) secara simultan
berpengaruh terhadap terhadap Kepuasan Nasabah KSPP Syariah BTM Sang
Surya Pamekasan, Hasil analisis koefisien determinesi terlihat bahwa besarnya R
2
adalah 0,707 atau 70,7%. hal ini berarti sebesar 70,7% kemampuan model regresi
pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. artinya 70,7% variabel
Kepuasan Nasabah dijelaskan oleh variasi variabel independen Layanan Mobile
Banking. sedangkan sisanya (100% - 70,7% = 29,3%) dipengaruhi oleh variabel- variabel lainnya yang tidak diteliti dalam analisis penelitian ini. variabel lainnya
diantaranya kualitas pelayanan dan responsiveness
Tidak tersedia versi lain