Text
Implementasi Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR)Dalam Membentuk Reputasi Perusahaan Tambak Udang (Studi Kasus Di Desa Legung Barat Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep)
Kata kunci: Implementasi, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR),
Reputasi Perusahaan
Setiap usaha atau perusahaan dibangun oleh seseorang untuk mendapatkan
laba atau keuntungan. Operasional suatu perusahaan harus memberikan kontribusi
positif terhadap lingkungan sosial masyarakat berupa kegiatan yang bersifat
sosial. Dalam Islam, tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan
disebut dengan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR). Implementasi
dari Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) akan melahirkan persepsi
masyarakat terhadap perusahaan, persepsi masyarakat terhadap perusahaan sangat
penting dan bisa mempengaruhi reputasi perusahaan. Perusahaan tambak udang
yang ada di Desa Legung Barat Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep
menerapkan sistem Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dalam
operasionalnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang
menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi
Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) pada perusahaan tambak udang;
kedua, bagaimana respon masyarakat terhadap implementasi Islamic Corporate
Social Responsibility (ICSR) pada perusahaan tambak udang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah pemilik dan pengelola tambak udang, karyawan dan
masyarakat sekitar pemilik tambak udang. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui ketekunan pengamat dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi Islamic
Corporate Social Responsibility (ICSR) dalam perusahaan tambak udang yaitu
dilaksanakan terhadap konsumen, masyarakat dan lingkungan sesuai dengan
unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam pengimplementasiannya yaitu al-adl
(keadilan); al-ihsan (berbuat baik); manfaat dan amanah. Kedua, respon
masyarakat terhadap implementasi Islamic Corporate Social Responsibility
(ICSR) pada perusahaan tambak udang banyak yang merespon dengan baik
terhadap keberadaan dan aktivitas yang dilaksanakan oleh perusahaan tambak
udang, akan tetapi ada sebagian kecil yang merespon negatif terhadap aktivitas
perusahaan tambak udang sehingga dengan respon-respon tersebut dapat
membawa nama perusahaan atau yang disebut dengan reputasi perusahaan di
kalangan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain