Text
Analisis Strategi Bersaing dalam Pengembangan Produk Rengginang (Studi Kasus Home Industri Rengginang Cap Dua Jempol di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep),
Kata Kunci: Strategi Bersaing, Pengembangan Produk, Rengginang
Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak mungkin seterusnya akan berjalan
lurus tanpa rintangan. Akan tetapi ada banyak hal yang harus dilalui. Di Desa
Prenduan memang sebagian masyarakatnya banyak yang memiliki home industri
rengginang, maka tidak dapat menutup kemungkinan bahwa di dalamnya pasti
terdapat persaingan yang ketat antara home industri yang satu dengan yang
lainnya, termasuk home industri rengginang Cap Dua Jempol. Maka dari itu,
sangat diperlukan adanya suatu strategi yang digunakan untuk dapat bersaing
sehingga dapat menjamin keberlangsungan usaha atau bisnis yang dijalankan.
Berdasarkan dari uraian tersebut, maka ada dua yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi bersaing yang dilakukan dalam
pengembangan produk rengginang pada Home Industri Rengginang Cap Dua
Jempol di Desa Prenduan. Kedua, bagaimana strategi bersaing dalam perspektif
ekonomi Islam dalam pengembangan produk rengginang pada Home Industri
Rengginang cap Dua Jempol di Desa Prenduan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informan yang diwawancarai adalah pemilik home industri Cap Dua Jempol
beserta karyawannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi besaing dalam
pengembangan produk yang dilakukan oleh home industri Cap Dua Jempol adalah
berupa diferensiasi produk, yaitu dengan cara terus-menerus menginovasi produk
sedemikian rupa baik dari segi bentuk, rasa, dan warnanya. Kualitas terbaik dari
produk yang dihasilkan serta pelayanan yang baik kepada konsumen juga
menjadi salah satu strategi bersaing yang digunakan. Kedua, strategi besaing
dalam pengembangan produk yang dilakukan oleh home industri Cap Dua Jempol
sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam, yang mana hal tersebut dapat
dilihat dari bagaimana pihak Cap Dua Jempol memandang para pesaing yaitu
menjadikan motivasi untuk terus berkarya. Kemudian, cara bersaing yang
dilakukan yaitu dengan memberikan kualitas terbaik dari produknya, serta dari
produk yang dipersaingkan yang merupakan produk yang halal sesuai dengan
syariat Islam
Tidak tersedia versi lain