Text
nalisis Penerapan Distribusi Produk Guna Meningkatkan Penjualan Di Perusahaan PT. Fastrata Buana Pamekasan Perspektif Ekonomi Islam,
Kata Kunci:Penerapan, Distribusi, Peningkatan Penjualan
Distribusi merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi dalam rangka
membentuk kesejahteraan bagi seluruh umat-Nya.Islam mengatur agar dalam
distribusi mengedapankan aspek keadilan, kejujuran, tidak egois agar tidak terjadi
kesenjangan diantara orang yang mempunyai materi berlebih dengan orang yang
kekurangan.Karena, distribusi sendiri bertujuan untuk saling memberi manfaat dan
keuntungan antara satu dengan yang lain, tidak ada pihak yang merasa dirugikan.
Untuk perusahaan yang bergerak di bidang pendistributoran, sebuah sistem yang
diterapkan akan mempengaruhi tingkat potensi penjualan agar tidak salah dalam
mengambil keputusan terutama dalam hal mengefesiensi waktu, dan rute pengiriman.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga pembahasan fokus dari penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana mekanisme distribusi produk?Kedua, Bagaimana penerapan
distribusi produk guna meningkatkanpenjualan? Ketiga, Bagaimana penerapan
distribusi produk dalam perspektif ekonomi Islam?.Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui kontribusi penerapan sistem yang ada guna meningkatkan
penjualan dan sebuah penerapan distribusi yang di lakukan oleh perusahaan dalam
perspektif ekonomi Islamnya.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif.
Sumber data yang diperoleh peneliti melaluitiga prosedur pengumpulan data yaitu,
observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Informannya adalah sales
manajer, kepala gudang, admin, supervisor, fakturis, dan pemilik toko. Dalam
menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah yaitu, reduksi data yang
meliputi pengecekan dan pengelompokan data, penyajian data, dan kemudian
melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa perusahaan dalam
mendistribusikan produk yang dipasarkan, mampu menyebar kesemua saluran
sehingga dapat mencapai tingkatan cakupan pasar untuk semua tipe konsumen, serta
dengan adanya sertifikasi dan akreditasi sistem manajemen mutu yang berbasis ISO
9001:2008 (UKAS) dan 9001:2008 (KAN) diharapkan akan meningkatkan penjualan
bagi perusahaan serta membarenginya dengan kualitas pelayanan, kinerja karyawan
dan suatu produk yang sudah memiliki sertifikasi danlabelisasi halal akan membawa
keuntungan baik untuk perusahaan dan pelanggannya tanpa ada yang dirugikan
Tidak tersedia versi lain