Text
Pengaruh Pengetahuan Dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Keberagaman Produk dan Keputusan
Nasabah.
Berdasarkan data perkambangan BUS, UUS, dan BPRS di Indonesia selama
10 tahun terakhir per juni 2020, LKS terus mengalami peningkatan. Kondisi yang
demikian akan menjadi suatu tantangan bagi setiap LKS yang berdampak pada
semakin ketatnya persaingan. Saat persaingan semakin ketat, tentu pihak LKS
akan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah, yang menyebabkan
nasabah memiliki banyak pilihan dalam menggunkan produk LKS. Dalam
pengambilan keputusan, masyarakat perlu adanya pemahaman dalam pengetahuan
informasi tentang apa yang akan dipilih. Pengetahuan nasabah akan berdampak
pada keputusan untuk memilih model jasa tertentu dalam memenuhi kebutuhan
atau keinginannya. Tidak hanya itu, keberagaman produk yang disediakan oleh
LKS penting dalam mempengaruhi keputusan nasabah karena dapat memberikan
alternatif pilihan yang lebih bervariasi. Permasalahan yang ingin dikaji dala
penelitian ini yaitu pertama, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh
pengetahuan produk terhadap keputusan nasabah memilih BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pamekasan. Kedua, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh
pengaruh keberagaman produk terhadap keputusan nasabah memilih BPRS Bhakti
Sumekar Cabang Pamekasan. Ketiga, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat
pengaruh pengetahuan dan keberagaman produk terhadap keputusan nasabah
memilih BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis
data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis SPSS 24.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
sampel aksidental. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow dan
jumlah responden yang diambil sebanyak 100 nasabah. Instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket).
Hasil uji signifikan secara simultan (uji F) diperoleh Fhitung sebesar 23,733 >
Ftabel sebesar 3,09 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa
variabel pengetahuan dan keberagaan produk (X) mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan nasabah (Y) memilih BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pamekasan. Hasil uji parsial (uji t) variabel pengetahuan produk (X1)
diperoleh thitung sebesar 2,302 > ttabel sebesar 1,660 dengan taraf signifikan 0,023 <
0,05, dan variabel keberagaman produk (X2) diperoleh thitung sebesar 4,017 > ttabel
sebesar 1,660 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa variabel
pengetahuan produk (X1) dan keberagaman produk (X2) secara parsial atau
individu memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan
nasabah (Y) memilih BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan
Tidak tersedia versi lain