Text
Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Madani (Modal Usaha Petani) dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Serba Usaha Syariah Sukses Makmur Sejahtera di Desa Grujugan, Kecamatan Larangan, Pamekasan
Kata Kunci: Pembiayaan MADANI, Koperasi.
Pembiayaa MADANI di Koperasi Serba Usaha Sukses Makmur Sejahtera
dimulai tahun 2015 dengan sasaran utama adalah para pelaku petani yang terdapat
di Desa Grujugan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Pembiayaan
MADANI diberikan kepada para pelaku usaha tani dengan tanpa jaminan dengan
catatan pembiayaan kurang dari lima juta dan sesuai dengan ketentuan yang
berlaku. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua yang menjadi pokok
permasalahan, yaitu: Pertama, Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan
MADANI (Modal Usaha Petani) dalam meningkatkan jumlah anggota di
Koperasi Serba Usaha Syariah Sukses Makmur Sejahtera. Kedua, Bagaimana
peluang dan tantangan strategi pemasaran produk pembiayaan MADANI (Modal
Usaha Petani) dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Serba Usaha
Syariah Sukses Makmur Sejahtera.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.
Informan adalah pengurus kopersi dan kelompok tani. Pengecekan keabsahan data
menggunakan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama; Stratetgi pemasaran
MADANI yang di gunakan adalah segmentasi pasar yang hanya terfokus kepada
anggota koperasi dan masyarakat sekitar Desa Grujugan Pamekasan dengan tanpa
menggunakan jaminan. Dua; Peluang pada penerapan pembiayaan MADANI
adalah dalam proses cepat serta tidak menggunakan jaminan. Tiga; Tantangan
pada saat penerapan pembiayaan MADANI yaitu tingginya resiko pembiayaan
macet karena pada dasrnya dalam penerapan pembiayaan tidak menggunakan
jaminan
Tidak tersedia versi lain