Text
Pelayanan Prima dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota di BMT NU Cabang Tlanakan.
Kata Kunci: Pelayanan prima, BMT NU Cabang Tlanakan, Anggota.
Pelayanan Prima adalah layanan yang bermutu tinggi, layanan yang
istimewa yang terbaik. Pelayanan prima pada nasabah itu sendiri dapat diperluas
menjadi bagaimana pihak pemberi layanan, dalam hal ini pihak BMT memberikan
layanan secara maksimal kepada anggota, dan kepada siapapun dalam mengatasi
permasalahan yang muncul secara profesional.
Fokus penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelayanan prima dalam
upaya meningkatkan kepuasan anggota di BMT NU cabang Tlanakan, kedua, apa
manfaat yang dirasakan oleh anggota dengan adanya pelayanan prima di BMT NU
cabang Tlanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif dengan memperoleh sumber data dari hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat 8 informan, yang terdiri dari kepala
cabang, karyawan serta anggota BMT NU cabang Tlanakan.
Hasil penelitian menunjukkan pertama: Dengan adanya pelayanan prima
yang diberikan oleh pegawai BMT NU Cabang Tlanakan, mereka bisa memasarkan
dan mengenalkan BMT NU serta produk-produknya secara luas kepada masyarakat
Kecamatan Tlanakan, dan juga mereka mengutamakan keramah tamahan dan
kesopanan kepada anggota maupun calon anggota, serta cepat beradaptasi terhadap
budaya dan lingkungan di Kecamatan Tlanakan. Sasaran BMT NU adalah golongan
masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk memberikan pelayanan prima
diperlukan pelatihan profesi/upgrading skill. Pengurus BMT NU dilatih untuk
mengutamakan akhlaqul karimah, sopan santun dan mengayomi terhadap anggota
maupun calon anggota BMT NU. Pelayanan yang diberikan oleh BMT NU Cabang
Tlanakan: antar jemput tabungan, sosialisasi kepada anggota, promosi produk yang
dimiliki oleh anggota, serta pelayanan 5s terhadap anggota dan memberikan
penjelasan produk sesuai dengan bahasa daerah masing-masing, sehingga lebih
mudah untuk di pahami. Kedua: Manfaat adanya pelayanan prima di BMT NU
sangat dirasakan oleh anggota. Karena lebih mengutamakan akhlakul karimah,
keramah tamahan, serta sopan santun sehingga anggota merasa di hargai dan di
ayomi. BMT NU tidak memberatkan anggotanya mengenai nominal uang
tabungan, dengan uang Rp. 2500 mereka sudah bisa menabung. Pegawai BMT NU
cepat dan tanggap ketika ada anggota yang bertransaksi di kantor maupun ketika di
luar kantor. Dengan adanya pelayanan prima yang diberikan oleh BMT NU
membuat anggota merasa puas sehingga anggota tetap menggunakan produk dan
jasa BMT NU Cabang Tlanakan
Tidak tersedia versi lain