Text
Strategi Pemasaran Syariah Produk Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Di KSPPS BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Gadai Emas (rahn)
Pada kenyataanya lembaga keuangan syariah membutuhkan strategi
pemasaran dalam memasarkan produknya untuk meningkatkan pagsa pasar.
Strategi pemasaran syariah dirasa merupakan strategi yang penting untuk
memenangkan pasar dan menentukan sebuah keberhasilan suatu lembaga
keuangan syariah. Salah satu produknya yaitu pembiayaan gadai emas (rahn)
diman produk ini merupakan suatu pinjaman dengan menjaminkan barang berupa
emas untuk mendapatkan pembiayaan yang mereka butuhkan sesuai dengan nilai
barang yang dijaminkan. Dengan diterapkannya strategi pemasaran syariah dirasa
dapat meningkatkan pasar sasaran dan mampu membantu perekonomian
masyarakat.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini
yaitu: pertama bagaimana strategi pemasaran syariah produk pembiayaan gadai
emas (rahn) yang diterapkan di KSPPS BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk,
kedua bagaimana respon anggota pada prinsip etika pemasaran syariah pada
strategi pemasaran syariah produk pembiayaan gadai emas (rahn) di BMT NU
JATIM Cabang Guluk-guluk .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
studi kasus, sumber data diperoleh dari data primer melalui wawancara dan
observasi, serta data sekunder melalui dokumentasi. Informasinya adalah
karyawan dan nasabah KSPPS BMT NU JATIM Cabang Guluk-guluk.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran syariah yang
diterapkan di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Guluk-guluk dibagi berdasarkan 4
strategi pemasaran Syariah yaitu Theistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah),
Realistis (Al-Waqi’iyyah), Humanistis (Al-Insyaniyyah). Dalam strategi
pemasarannya telah menerapkan ke 4 aspek tersebut yaitu mengedepannkan aspek
ketuhan, dan mengedepankan akhlak dalam melakukan pemasaran atau
penawaran kepada mitranya, menyediakan tempat tunggu pelayanan yang bersih
dan nyaman untuk calon mitra, selain itu karyawan Menjelaskan secara detail
mengenai produk pembiayaan gadai emas (rahn) mengenai bagaimana dengan
akadnya sampai berapa biaya penitipannya di jelaskan kepada nasabah sehingga
nasabah merasa nyaman menggadaikan emasnya di BMT NU Cabang Guluk- guluk. Respon anggota pada prinsip etika Pemasaran syariah di BMT NU Cabang
Guluk-guluk sudah baik dalam penerapannya karna sudah sesuai denganPrinsi
Etika pemasaran Islam diantaranya dengan memiliki kepribadian yang spiritual
juga berlaku baik dan simpatik kepada nasabah melayani dengan rendah hati jujur
dan terpercaya
Tidak tersedia versi lain