Text
Analisis Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Minat Menabung Anggota Di Kspp Syariah Bmt Nu Cabang Galis Pamekasan (Studi Kasus Pada Produk Tabah)
Kata Kunci: Marketing Syariah Terhadap Produk Tabah.
Pesatnya perkembangan BMT NU Cabang Galis Pamekasan dapat dilihat
dari banyaknya minat masyarakat dan juga fasilitas-fasilitas yang diberikan BMT
NU Cabang Galis Pamekasan kepada para anggotanya. Salah satunya pada produk
tabungan tabah yang peminatnya dapat dikatakan cukup banyak karena
tabungannya selain bisa ditarik kapan saja keuntungannya juga sebesar 40%.
BMT NU Cabang Galis Pamekasan memberikan layanan antar jemput tabungan
sehingga anggotanya tidak perlu datang langsung ke kantor BMT NU Cabang
Galis Pamekasan. Serta mengeluarkan beberapa fasilitas pendukung terhadap
produk tabungan tabah seperti aplikasi BMT NU-Qimah yang tidak kalah canggih
dengan aplikasi mobile banking yang dikeluarkan oleh bank-bank lainnya.
Permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini adalah, pertama
bagaimana pelaksanaan marketing syariah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
dalam memasarkan produk tabah; kedua, bagaimana respon anggota terhadap
produk tabah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan; ketiga, bagaimana efektivitas
pelaksanaan marketing syariah dalam meningkatkan minat menabung anggota
pada produk tabah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data
yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya
adalah pihak marketing, karyawan dan anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang
Galis Pamekasan, sedangkan pengecekan keabsahan data yang dilakukan melalui
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam memasarkan produk
tabah pihak BMT NU Cabang Galis Pamekasan mendatangi berbagai rumah
masyarakat untuk menawarkan produk-produk tabungan yang ada di BMT NU
Cabang Galis Pamekasan. Selain itu pihak BMT NU Cabang Galis Pamekasan
juga melakukan sebuah promosi seperti membagi-bagikan brosur kepada
masyarakat, penempelan phamplet, banner dan lain sebagainya. Serta pihak BMT
NU Cabang Galis Pamekasan juga melakukan sebuah promosi melalui media
sosial. Kedua, respon anggota mengenai produk tabah “baik” meskipun masih
terdapat beberapa masyarakat yang belum percaya terhadap pengelolaan dananya,
sehingga membuat masyarakat tidak yakin untuk menyimpan dananya di BMT
NU Cabang Galis. Ketiga, efektivitas pelaksanaan marketing syariah di BMT NU
Cabang Galis dapat dikatakan efektif, karena dilihat dari ukurannya sudah
mencapai tujuan yang dinginkannya. target sasaran yang dilakukan oleh pihak
BMT NU Cabang Galis Pamekasan adalah masyarakat yang ekonominya
menengah kebawah.
Tidak tersedia versi lain